Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Tuesday, July 21, 2015

Kerja Praktik 1st Day

21/07/2015
Review Kerja Praktik Day 1
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

     Ceritanya hari ini sih cuma introduction aja, jam 11 siang (WITA) ngetem di gate PTNNT yang ada di teluk Benete, foto untuk badge yang akan dipakai selama sebulan dengan mukaku yang uncontrolled (kalo kata Tira sih gitu) seperti biasa. Kenalan sama 18 punggawa peserta lain (include 6 anak SMK Taliwang, 12 orang mahasiswa berbagai universitas, exlude Anam).
     Abis gitu naiiiiiiiiiik (ga tahu berapa kilo), sekitar 35 menit dengan kemiringan beberapa derajat, yang sukses menumbangkan travel bag beberapa peserta. Akan tetapi kewajiban (SOP) untuk selalu mengencangkan seat "safety" belt membuat kami tak bergeming dari tempat duduk.
     Setelah tiba di Training and Development site Concentrator kami bertemu dengan dua orang yang selalu setia membimbing kami pra-KP via telepon, Mr. Alwi dan Mrs. Devi :) Mereka memberi beberapa berkas dalam map dan pengarahan awal pada kami hingga pukul 17.00 WITA.

So, whats next?

     Kami diberi kesempatan istirahat dan berbenah di Townsite, dan lalu makan di Mess Hall (buka pagi 05.00-06.30 WITA, malam 17.00-20.00 WITA). Oke, selain itu ingin tahu gambaran bangunan Townsitenya (penginapan kami)? Bagi anak ITS Surabaya terutama anak FTI pasti paham sama bangunan mirip kontainer punya Teknik Elektro. Nah seperti itulah bentuknya, hanya saja berupa panggung (untuk menghindari hewan melata khas hutan). Di dalamnya berupa kamar dengan dua tempat tidur, satu lemari untuk dua orang, satu meja sudut, satu unit AC, dan satu kamar mandi dalam untuk dua kamar (bayangin sendiri lah ya). Di dalamnya hanya satu yg berbeda dari biasanya, colokan listrik. Di sini standar keseluruhan perusahaan menggunakan colokan listrik kaki tiga (dengan kutub positif, negatif, dan ground logam), jika tidak membawa siap-siap saja tak bisa menikmati fasilitas listrik di sini. Jendela townsite didesain tertutup rapat (menghindari masuknya monyet) dengan dilengkapi gorden kain. Dan selama di townsite kami disarankan selalu menutup pintu rapat-rapat (sekali lagi, monyet).
     Di sini banyak fasilitas, mulai olahraga bola, bulu, hingga air semua ada. Ada sekolah, ada klinik, masjid, hingga minimarket. Cuma jika membutuhkan semua itu, hanya ada dua hal yang harus disiapkan:
1. Fisik yang prima
Karena harus berjalan berkilo kilo meter untuk mencapainya. Seperti pengalamanku dan Anam malam ini yang berhasil eksplorasi Townsite T3 dari A, B, C, D, E, dan H, klinik, beberapa lapangan olahraga, minimarket, Mess Hall (ruang makan besar Concentrator yang mana tempat berkumpulnya pekerja hingga petinggi di sini untuk melepas penat dan menghentikan genderang perut yang lapar), masjid, hingga halte keberangkatan bis (yang akan kami gunakan sehari-hari hingga 30 hari ke depan). Dan mungkin sekitar 6km atau bahkan lebih sesuai estimasi perhitungan kami.
2. Duit lebih
Karena harga barang dan kebutuhan di atas sini menjadi 2 atau 3 kali lipat dari biasanya (terutama jika dibandingkan dengan di Jawa).

     Yah, mungkin share untuk pengalaman hari ini cukup sekian. Sejujurnya posting ini sedikit memberikan gambaran bagi adek-adek atau teman-teman yang nantinya (mungkin) akan berada di sini juga suatu saat nanti.
Oke, nantikan kelanjutan share pengalamannya ya :)

     Selamat malam...

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???