Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Friday, July 24, 2015

Kerja Praktik 4th Day

24/07/2015
Review Kerja Praktik Day 4
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

Baru nyampe 4th day (24/07) nih?
     Siklus dan pola hidup pagi kami (aku dan Anam) sudah sangat baik. Dengan urutan mandi (+po*p), makan, sholat, dan berangkat telah menjadi pola sempurna racikan kami untuk sebulan kedepan. Tepat pukul 06.00 kami telah ada di halte bus T2 2100, dan tak lama setelahnya bus BU 046 datang mengantar kami ke departemen Process. Setibanya di plant Concentrator 130, kami menunggu kantor pembimbing lapangan terbuka hingga pukul setengah 8 pagi. Setelah kami cek dua kali bolak balik, ternyata baru terbuka setengah delapan lebih. Kami pun masuk, mendapati Mr. Firdaus tidak ada di ruangannya. Akhirnya kami memutuskan untuk duduk di bilik yang memang disediakan khusus untuk kami selama sebulan ini. Bingung harus melakukan apa karena ini adalah hari pertama kami di dalam ruangan kantor CMP, maka kami memutuskan untuk membaca buku korosi NACE International The Corrosion Society (milik Mr. Firdaus yang didapatkannya dari pelatihan sertifikasi NACE). Perlu diketahui Mr. Firdaus adalah pemegang sertifikat NACE Basic Corrosion Training Level 2, Coating Inspection Level 2, dan Cathodic Protection Level 1. Wow!!!
     Hanya sebentar beliau masuk ke kantor, sekedar menyapa kami, lalu kembali lagi ke ruang meeting. Akhirnya kami melanjutkan membaca literatur lagi sampai jam makan siang. Adzan Dhuhur pun berkumandang, kami menuju masjid An Nur (Concentrator 130) untuk sholat Jumat. Pasca sholat Jumat, tak sengaja setelah memakai sepatu kami, ada seorang bapak yang tersenyum menyapa kami. Sembari menyelipkan rokok di antara bibirnya aku mencoba menyapa beliau dengan pertanyaan sopan seputar bagian pekerjaannya di perusahaan ini. Luar biasa, ternyata Mr. Abbas adalah seorang lelaki penuh pengalaman, terutama di PTNNT ini. Dua puluh tahun menekuni pekerjaan ini memuat beliau menjadi lelaki yang mampu memberikan banyak pencerahan pada kami tentang pekerjaan di sini. Hanya seputar pekerjaan teknis dan segala yang dibutuhkan untuk mendukungnya, itu saja, akan tetapi cukup untuk membuka mata kami bahwa dunia kerja (terutama mining) adalah dunia yang keras tapi “seksi”. Mr. Abbas adalah bagian dari divisi Safety di lingkungan departemen Process di area Concetrator 130, tak lupa aku meminta kontaknya. Karena kita tak pernah tahu hidup kita ke depan akan seperti apa, untuk itulah mencari celah jalur komunikasi dengan “orang dalam” adalah cara terbaik untuk menggali informasi. Dari Mr. Abbas kami mendapat wejangan tentang istri, tentang tipikal manusia di sekitar industri mining, budayanya, hingga info tentang PT. Vale yang membuka tambang baru di daerah Dompu (yang saat ini awalan proyeknya masih dipegang PT. Sumbawa Timur Mining). Hingga sore menjelang kami baru kembali ke dalam ruangan kantor. Pukul 16.15 WITA kami memutuskan untuk pulang dan mengunci pintu ruangan (masih ingat kan di share sebelumnya bahwa tiap Jumat Mr. Firdaus hanya masuk setengah hari?)
     Pasca sholat Ashar kami menuju halte dan terbawa oleh bus menuju Townsite, istirahat sebentar sambil memutar musik di laptop menjadi aktivitasku untuk sejenak membunuh kelelahan. Sesuai janji awal (via grup LINE) setalah sholat Maghrib kami berjalan menuju ke Cafe Basai Ate (artinya: hati yg berkumpul). Bersama dengan partner KP kali ini (Anam, Gea, Ana, Rifky, Gilang, Dhani) yang sarapnya ternyata ga ketulungan. Karena malam ini adalah Barbeque Night, di sana kami makan steak dan berbagai tetek bengek pelangkapnya (katanya sih mau nyoba suasana baru aja daripada cuma makan di Mess Hall). Di koridor smoking area kami ketawa ketiwi bercanda heboh bodor konyol bareng-bareng. Sampe sebelum kembali ke camp masing-masing, kami bertemu dengan mahasiswa ITB beserta gerombolan mahasiswa KP lain yang duluan berada di sini. Mereka akan pulang esok hari, ajang kenalan dan bersalaman deh akhirnya. Alhasil kami diajak foto-foto untuk farewell (kami juga gitu ntar pasti ya T_T), setelah itu langkah kaki membawa kami kembali ke camp masing-masing. Setibanya di camp aku teleponan dulu sama Tira, sampai agak larut dan akhirnya kami memutuskan untuk tidur.
     Note hari ini nggak banyak, hanya saja kita harus mampu memanfaatkan pengalaman orientasi hari sebelumnya utk menghadapi hari selanjutnya. Mencoba coba suasana baru dan pola hidup baru juga sangat penting. Selain itu, kembali aku ingatkan bahwa merekatkan kekeluargaan partner di sini SANGAT PENTING, berusahalah ramah kepada semua orang. Tapi meski begitu, semboyan “gokil never ends” juga penting untuk menghilangkan detensi yang ada di sepanjang jalur hidup di sini. Lalu ada satu lagi pesannya, ber-INISIATIF-lah!!! Seperti kami (aku dan Anam) yang berinisiatif untuk meminjam buku korosi milik Mr. Firdaus untuk belajar selama off Sabtu-Minggu ini.

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???