Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Monday, July 27, 2015

Kerja Praktik 7th Day

27/07/2015
Review Kerja Praktik Day 7
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

Finally 1st Week Ends, Today’s 7th Day (27/07)
     Hari ini dimulai langsung dari kantor aja kali ya? Kami masuk ruangan pukul 07.15 WITA, memulai aktivitas dengan studi literatur lanjutan sebentar, sesuai permintaan Mr. Firdaus kami melanjutkan KP kami hari ini dengan merambah pada studi lapangan. Bersama Mr. Josep, kami menjangkau ke seluruh tempat di departemen Process dari mulai SAG Mill hingga tempat flotasi slurry sebelum jadi Konsentrat. Sayangnya belum ke Pebble Crusher dan Primary Crusher di atas (Departemen Mining). Bayangin deh, hari ini sepatu safety yang kupakai menginjak-injak lumpur (calon) emas dan tembaga. Sombong banget nggak tuh, calon duit diinjak-injak. Berbekal earplug, helm (hard hat), safety vest, gloves, catetan, pulpen, dan kamera handphone, kami mengelilingi tempat-tempat yang berpotensi korosi. Memfoto dan melihat secara visual produk korosi di tiap struktur konstruksi sambil sesekali selfie.
     Selain studi lapangan, kami juga diskusi seputar korosi serta Corrosion Manajemen Project (sebelumnya bernama Corrosion Remediation Project) section itu sendiri yang sekitar 6 tahun lalu sempat masuk ke Process Maintenance Planning section di Process Department Concentrator 130 ini. Hingga tiba waktu makan siang kami baru masuk lagi ke dalam kantor. Setelah istirahat makan siang dan melaksanakan sholat Dhuhur, kami tak langsung berleha-leha meski sebenarnya lelah. Sampai sore hari kami (aku dan Anam) berdiskusi sambil menulis hal-hal penting yang akan ditulis di laporan Kerja Praktik Kami nanti. Setelah itu kami sekedar ngobrol untuk laporan ke Mr. Firdaus. Hasilnya, kami dijanjikan sebuah meeting diskusi tentang standar Blasting/Painting bersama ahlinya (QC/QA PT. PDP, Mr. Arif Ichwanudin) dan juga pembahasan topik laporan yang akan kami tulis untuk Kerja Praktik ini, di hari Selasa nanti (esok). Pukul 16.15 WITA seperti biasa kami berjalan menuju halte bus area departemen Process, dan pulang menuju Townsite menggunakan bus BU 067. Aktivitas malam? Seperti biasa, makan di Mess Hall, bertemu kawan-kawan yang KP di departemen lain (dari Mining, Environment, MEWS, hingga Power Plant). Hingga perjalanan kembali ke camp masing-masing juga tak mengurangi intensitas dan kadar bercanda.
     “Itung-itung ngilangin stress, kan udah capek kerja di Plant masing-masing,” kata salah seorang dari kami (yang aku lupa siapa). Sebelum ke camp, aku dan Anam berjalan menuju Camp Service untuk komplain mengenai handuk yang tidak tersedia di camp. Setelahnya? Ya seperti biasanya lah ya...
     Note hari ini, jalani saja hari-hari di sini dengan segala dinamika dan stagnasinya, karena terkadang mulai ada rasa bosan dan jenuh yang hinggap. Tapi setelah dikembalikan lagi pada niatan untuk mengambil pembelajaran selama KP di PTNNT, semangatnya akan bangkit lagi. Apalagi ditemani kawan-kawan partner yang kebetulan “otaknya sejenis semua, slenge’an bisa, belajar bareng juga bisa”. And they’re more than enough :)

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???