Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Sunday, July 26, 2015

Kerja Praktik Off Days Part 1

25-26/07/2015
Review Kerja Praktik Day 5-6
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

Wah udah masuk 5th (Off) day ya, yuk lanjut!!! (25/07)
     Pagi ini bangunnya gara-gara ditelpon mama, diingetin shubuhan. Nggak alam setelah telepon ditutup, aku ambil air wudhu dan sholat shubuh di camp. Bangunin Anam nyuruh dia mandi, padahal sendirinya belom mandi (-_-). Tapi hari ini lain, kami nggak mandi, melainkan langsung berangkat ke Mess Hall untuk sarapan. Balik lagi deh rencana eksplor Townsite, kami jalan-jalan muter Townsite sampe lebih dari 10km (hasil dari pembacaan aplikasi android yang setelah itu langsung error dan aku uninstall). Dari hasil jalan-jalan pagi itu kami berhasil menemukan lokasi departemen. IT (untuk keperluan mendaftarkan laptop, tapi berhubung kami belum bawa laptop akhirnya mengurungkan niat untuk mendahului kawan-kawan partner KP yang lain). Kami kembali ke jalan menuju camp, saat tiba di persimpagan jalan sebelum menuju “jembatan kenangan” khas Townsite, sekitar pukul 09.00 WITA, tiba-tiba sesosok makhluk berinisial monyet yang cukup besar mengejar kami berdua. Tanpa senjata apapun, kami pun gerogi, akhirnya kami berlari kembali ke arah Mess Hall. Bukan malah dibantu atau apa, eh diketawain sama bapak-bapak karyawan PBU yang sedang bersantai di smoking area.
     “Itu tadi dia baru jalan mas, kalo lari udah pasti kena, ga mungkin bisa lolos!” celotehnya sambil meniupkan asap rokok ke udara.
    “Duh, bisa-bisanya,” gumamku pada Anam yang ternyata memeluk tiang Mess Hall saking takutnya. “Pengejaran tersebut” meninggalkan lecet di kaki kananku, disertai trauma dari Anam, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke camp melalui jalan lain yang lebih jauh (melewati traffic light dan Klinik Buin Batu). Skip lah ya, setelahnya nggak begitu penting kok. Di siang harinya, entah memang apes atau apa, kami (aku dan Anam) bersama Ana yang memang janjian untuk makan bareng ternyata terlambat tiba di Mess Hall. Alhasil kami terlambat makan siang, tapi langkah kaki tidak berhenti. Kami pun berjalan bersama-sama menuju katala untuk beli p*pmie. Selanjutnya tak ada hal yang spesial yang perlu diceritakan lagi selain balik Camp, makan, dan baca literatur korosi). Saat makan malam (ber-9, karena Julia, Andry, Arno, Ica, dan Yefta sedang pulang ke rumah) cerita tentang kami yang dikejar monyet menjadi topik utama dan bahan tertawaan kami semua. Tak terkecuali kami yang menertawakan kekonyolan kami sendiri. Akhirnya, malam itu kami tutup dengan berjalan ke katala bersama, sekedar membeli air mineral dan makanan kecil hingga kembali ke camp masing-masing untuk tidur.
     Note hari ini simpel, sepertinya perlu adanya Safety Induction khusus untuk menghadapi atau sekedar upaya preventif dikejar monyet atau juga hewan lainnya. Bagaimana tidak, karena di sini kita hidup berdampingan dengan monyet, anjing hutan, kucing hutan, ular, biawak, babi hutan, dan hewan lainnya yang mungkin juga hidup sebelum manusia masuk kemari. Mau tak mau kita harus tahu bagaimana cara menghadapi mereka, menghindari serangan mereka tanpa mengganggu dan menyakiti mereka. Untuk itu di lingkungan ini harus tetap waspada terhadap apapun.

Hampir Seminggu, 6th Day (Off) is coming! (26/07)
     Nggak banyak yang kami lakukan hari ini, hanya sekedar baca-baca buku, lanjut barengan ke departemen IT untuk daftarin laptop, makan siang, ngobrol bercanda seperti biasa, dan berdiam di camp di siang harinya. Tapi ada satu aktivitas lain yang kami (aku dan Anam) lakukan hari ini. Kami berenang bareng Yefta dan Dhani. Swear kolam renang udah kaya punya bapak sendiri, private dan sepi banget. Yah gimana enggak, kebetulan ini masih suasana cuti lebaran, sepi deh akhirnya. Di sana selain renang, kami juga ngrencanain berangkat jalan-jalan ke pulau Kenawa (dekat pelabuhan Pototano). Pulangnya kami mampir ke commisary untuk beli cemilan pasca renang. Laper euy! Sepanjang perjalanan menuju Mess Hall candaannya beragam, ada yang lucu sampe garing, ada yang santai sampe horror. After supper, then what will we do? Balik ke camp, dan tidur sampe Senin (tentunya pasca sholat Isya’).
     Notenya hari ini, kalau nganggur dan kelebihan tenaga jangan diem di camp aja lah, fasilitas olahraga lengkap nih, yuk dimanfaatin! Karena jujur di kosan selama kuliah juga jarang olahraga teratur, jadi kapan lagi bisa membiasakan hidup sehat kalau nggak sebulan ini?

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???