Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Friday, July 31, 2015

Kerja Praktik 10th-11th Day

30-31/07/2015
Review Kerja Praktik Day 10-11
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

Ready for (30/07) 10th Day? As always...
     Hari ini kami (aku n Anam) bangun kesiangan. Pukul 5.25 WITA kami baru beranjak mandi, sholat shubuh bergantian di kamar, terus berangkat makan. Bus kuning yg biasa mengantarkan kami ke Dept. Process lewat Mess Hall tanpa say goodbye, kami berjalan gontai menuju Mess Hall untuk makan pagi, rencananya kami ikut bus BU 070 lagi (jurusan Enviro). Setelah memastikan perut kami terisi, kami berjalan cepat menuju halte T2 (pukul 06.20 WITA). Menunggu bukan berarti bengong dan menganggur, kami memerhatikan jurusan bus yang melewati kami sambil sesekali mencuri dengar dari perbincangan bapak-bapak pekerja yang juga menunggu bus mereka. Dari sanalah aku tahu bahwa BR 004 menuju ke Training, BR 023 ke MMA, dan masih ada beberapa lagi. Pukul 06.33 bus BU 070 langsung berangkat setelah menurunkan dan mengangkut kami, tanpa basa-basi, apalagi ngetem lagi. Masih di atas bus, aku di-sms Mr. Firdaus bahwa pintu kantor udah dibuka sejak 06.40, alhasil akhirnya aku minta maaf karena memang kesiangan. Kami tiba di kantor pukul 07.00 WITA, ditinggal meeting sampe jam 09.30. Sembari menunggu, kami menyelesaikan tugas dari Mr. Firdaus dan dosen pembimbing tentang metode, step by step, dan standar yang digunakan pada blasting painting PTNNT.
      Pukul 10.00 WITA, sesuai apa yang dijanjikan kemarin, kami keluar bersama pak Josep ke tempat blasting di area Santong. Cuma sebentar sih, sampai waktu makan siang pukul 12.00 kami telah duduk di balik meja kantor lagi. Pukul 13.00 pasca ishoma dan melahap habis lunchbox kami melanjutkan tugas dan resume lagi. Tepat pukul 14.00 WITA kami kirim tugas ke e-mail Mr. Firdaus (langsung dibaca dan dijadikan bahan diskusi kami) dan dosen pembimbing (entah dibacanya kapan). Setengah jam kemudian kami menerima feedback dari Mr. Firdaus bahwa pekerjaan kami "well done". Duh senengnya... Eits, tapi nggak boleh terlena ya, then kami melanjutkan aktivitas hari itu dengan menyusun program penyelesaian laporan kami. Sambil terus berdiskusi dengan mas Riki Akbar MT10 terkait RBI via WhatsApp.
      Jam pulang pun akhirnya tiba, pasca sholat ashar kami segera menuju halte 130 untuk menunggu bus. Sesampainya di halte T2, kami langsung berjalan untuk makan malam di messhall. Entah mengapa hari ini kami memilih demikian lalu istirahat di camp. Lelah? Jenuh? Mungkin sih, tapi tetap semangat untuk esok harinya. Di malam hari kami memutuskan untuk membeli cari kapur barus demi mengatasi bau safety shoes kami, kami pun berjalan menuju Commissary. Akhirnya? Kami pulang dan berkutat dengan laptop masing2 di camp hingga tertidur.
Notenya ditunda nanti-nanti aja deh ya, sekarang...

Lanjut ke 11th Day (31/07) dulu deh!
    Pagi ini kami bangun ‘agak’ telat (lagi), 04.30 WITA, segera mandi dan melakukan segala aktivitas dengan terburu-buru. Kami makan di messhall tepat sesaat setelah Adzan Shubuh, alhasil kami terlambat jamaah Shubuh pagi ini. Hectic morning, kami tiba di kantor seperti biasa, menikmati sunrise hingga jam 7 pagi, baru setelah itu naik ke kantor. Setibanya di ruangan, kami mendapat wejangan tentang pola hidup dari Mr. Firdaus (memang beliau tahu pasti bahwa kami tadi telat jamaah Shubuh, karena kami bertemu di Masjid Miftakhul Jannah). Lalu kami melanjutkan dengan berdiskusi sekaligus fiksasi program yang telah kami susun untuk laporan KP ini. Secara panjang lebar kami menjelaskan, diselingi dengan sesi tanya jawab dan saran, akhirnya Mr. Firdaus menyetujui apa yang telah kami programkan. Masih dalam suasana private meeting antara kami dan beliau, kami berbincang tak hanya tentang laporan dan program kami. Mr. Firdaus juga bercerita tentang asal mula Corrosion Remediation Project (nama awal CMP section) ada di Oktober 2009. Pecinta Harley Davidson ini juga menceritakan pengalamannya keliling Indonesia, dan mencari arti nasionalisme lewat putaran roda. Dari pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Sumba, Sumbawa, Pulau Endana (pulau bagian selatan Indonesia), hingga Timor Leste, Malaysia, Brunei Darussalam, serta pulau2 lainnya. Usai ‘obrol hangat’ itu kami menyusun ulang timeline aktivitas kami hingga akhir masa kerja praktik (atau lebih tepat hingga tanggal expired badge kami berakhir). Progress topik laporan dan timeline terbaru yang telah kami susun kami kirimkan ke dosen pembimbing, pak Tubagus Noor Rochmanudin (hari adalah laporan progress yang ke-4 kalinya). Setelah itu, aku menelepon beliau dan menjelaskan progress kami hingga hari ini (lagi). Lalu kami (aku dan Anam) melakukan diskusi kecil tentang hasil meeting dengan Mr. Firdaus pagi tadi hingga adzan Dhuhur berkumandang. Semua laki-laki muslim di ruangan berbondong menuju masjid An Nur untuk sholat Jumat.
      Mata merem melek, lelah dan kantuk hinggap di tubuhku. Akhirnya aku memutuskan untuk merebahkan diri di Masjid. Hingga beberapa menit berlalu, tiba-tiba lenganku dipukul oleh seseorang, yang kuketahui orang itu adalah Anam, hingga terbangun.
       “Oy, malu-malui aja, udah tidur ngorok lagi!” tegurnya berbisik
       “Ah yang bener? Emang berapa menit aku tidur?” jawabku masih mengucek mata.
       “Udah 30 menit, dilihatin bapak-bapak yang juga lagi ada di masjid tadi,” jawab Anam lagi.
     Aku yang agak malu, segera mencuci muka dan mengikuti Anam untuk kembali ke kantor. Suasananya sepi, aku yang memang sedang rindu rumah segera menelepon mama (kurang lebih 20 menit). Dan setelahnya kutelepon Tira hingga adzan Ashar berkumandang. Segera kami (aku dan Anam) melaksanakan sholat ashar, kembali ke Townsite dan turun di T2. Lagi-lagi kami ke messhall duluan karena lelah dan ingin istirahat lebih lama. Setelah itu kembali ke camp, malemnya aku rehat karena capek, ngga tahu kenapa (batal ke Basai Ate). Malem sekitar jam 22.00 WITA lihat kiriman video Gea nyanyi di Basai Ate yang diupload ke grup LINE. Eh tiba-tiba didatengin Yefta dann Dhani dibriefing tentang liburan besok Minggu (jadi nggak sabar). Finally? I go to bed...

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???