Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, July 29, 2015

Kerja Praktik 8th-9th Day

28-29/07/2015
Review Kerja Praktik Day 8-9
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

(28/07) 8th day’s approaching
   Pagi ini usaha bangun pagi tak membuahkan hasil berangkat lebih awal di kloter bus yang jam 06.00 WITA. Abis makan bareng seperti biasa di mess hall kami berbondong berjalan menuju halte T2. Tunggu menunggu bersama bapak-bapak pekerja tambang yang tak tahu harus bagaimana. Karena bus yang lewat tak ada yang mau ditumpangi dan bahkan ngeloyor pergi. Ada apakah gerangan?
   Sampai jam 07.30 WITA kami, para komplotan pemakai badge STD masih menunggu dan terus menunggu bus pujaan. Ternyata ketidakbersahabatan bus pagi ini akibat ada demo dari masyarakat setempat yang entah apa penyebabnya. Mereka demo menutup akses jalan bus. Kata bapak koordinator halte sih, “ini udah biasa mas, udah sering.”
   Nah apa mau dikata ‘narsis sudah bertumbuh subur’ (niruin nasi sudah menjadi bubur sih sebenernya, tapi garing, biarin lah!). Kami yang tak tahu lagi harus ngapain pun berfoto-foto selfie di sana. Ada aku, Gea, Anam, Rifky, Gilang, dan Ana, juga Yefta (tapi mereka berdua nggak ikut foto). Kami berjemur di halte T2 rame-rame sampai jam 08.35 WITA, akhirnya berangkat bareng temen-temen dept. Environment dan MEWS. Jadwal bus BU 046 yang biasanya mengantar ke Process dan BU 067 yang balikin ke townsite pun tak berlaku saat demo. Jadi hari ini kami naik ke Process pakai BU 070. Di Process, tepatnya ruang CMP, kami (aku dan Anam) kembali pada rutinitas studi literatur sampai jam makan siang, tapi sebelum keluar ruangan aku minta pembimbing buat ketemu sama orang Blasting Painting. Dan beliau menjawab, “bisa kok, nanti ya!”
     “Siap pak, terima kasih,” jawabku.
    Setelah itu seperti biasa, jadwal sholat dhuhur dan makan siang. Setalah melakukan itu semua, kami segera kembali ke dalam ruangan saking antusiasnya atas janji sebelum keluar ruangan. Tapi tiba-tiba Mr. Firdaus menegur kami lalu berkata, “mas, bertemu orang Blasting-Paintingnya besok aja gimana? Panas ini, kasihan kalian."
    Meski ‘sedikit’ Hmmm, akhirnya aku oke dan kami memutuskan untuk diskusi topik serta mereview hasil studi lapangan kemarin bersama beliau. Dua jam nggak kurang, kami ngobrol ngalor ngidul sampe dapat Work Order untuk selalu hubungin pak Josep untuk ikut studi lapangan setiap pak Josep turun ke plant :) (uhuuuuy, bahagianya). Then, we pray Ashar, and go hooome...
      Sebenernya ada Halal bihalal sih jam 4 sore dimulai di area townsite, but we are mager-man this evening. Seperti biasa, malamnya kami makan ke messhall, ngobrol sekomplotan, dan janjian besok malem mau ke Basai Ate lagi utk Pizza Day. Habis makan kami berbondong-bondong ke katala nemenin temen beli something sambil nurunin makanan yg menuhin perut. Finally balik camp, ngerangkum hasil diskusi sama pembimbing, and go to Sleep.
Pengennya ada note, but lets we continue to:

9th day (29/07) aja yuk!!
    Hari ini kami berangkat seperti biasa dengan pola seperti biasa. Setibanya di Concentrator 130, aku, Anam, Yefta, dan Ica berdiri dekat gabion (pagar pembatas dari timbunan batu besar untuk membatasi Concentrator 130 dan 106). Di sana kami menikmati kabut di tempat biasanya kami melihat sunrise (ya di deket gabion ini). Abis itu aku sms pak Josep minta dianter ke Pebble Crusher. Jam 07.15 WITA kami berpisah, Ica ke Workshop, Yefta ke ruang PLC (Programmable Logic Control), dan aku+Anam ke ruang CMP. Duduk, cek LINE, sambil nunggu sms dari pak Josep. Tak terlalu lama kami dibawa ke Pebble Crusher pukul 08.30 WITA. Jadwal kami padat hari ini (ih, sok sokan). Tepat pukul 10.00 setelah turun dari Pebble, kami masuk ke ruangan kantor PT. Pacific Dwiyasa Putra (kontraktor yang menangani Blasting-Painting). Di sana kami disambut ramah, berdiskusi dengan Mr. Arif Ichwanudin (Coating Inspector NACE level 2) tentang Blasting-Painting. Pukul 12 waktunya ishoma, sembari makan aku menyiapkan flashdisk untuk mengambil meng-copy data terkait standar Blasting dan Painting juga beberapa file penting milik Mr. Arif. Pukul 13.30 WITA, lunchbox telah kosong dan masuk ke dalam perut kami. Setelah ijin ke luar ruangan kepada Mr. Firdaus, kami kembali berjalan ke kantor PT. PDP, sembari Anam menelepon pak Tubagus (dosen pembimbing KP kami), aku menemui Mr. Arif untuk copy file. Sorenya? Yah seperti biasa, kami kembali ke balik meja kantor sampai pulang. Malemnya ke Basai Ate, Pizza Night, foto-foto (agenda rutin tiap ketemu komplotan KP Juli-Agustus). Finally, kami semua ke katala beli cemilan (ini juga agenda rutin sih), balik camp masing-masing. Malem ini mama telepon, nanyain kabar dan ngobrol-ngobrol unyu gitu. Habis gitu tiba-tiba miss her banget dan pengen banget telepon Tira. Sekitar 10.00 WITA gitu deh, “Assalamualaikum” mengakhiri pertemuan kami via line telepon. Eh, beberapa saat berikutnya masuk email dari mas Mentor, Muhammad Zaki Hauna. Dia nanyain tentang Newmont dan beberapa yang berhubungan sama kebijakan pemerintah dan UU Minerba (maklum deh, perbincangannya jadi ser-san gitu pasti kalo ketemu dia. Akhirnya kami diskusi cukup lama via LINE. Dan setelah diakhiri, kumatikan lampu dan tidur.

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???