Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, July 22, 2015

Kerja Praktik 2nd day

22/07/2015
Review Kerja Praktik Day 2
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

PROLOG (for this first note)
     Kemarin introductionnya udah kan ya? Yang di posting tentang KP 1st day itu baru sebagian kecil yang ingin aku share. Selebihnya? Yuk stay read aja di sini. Oke, karena terlalu banyak hal yang perlu ada dan tertulis aku sengaja merangkum semuanya dari hari kedua hingga Sabtu (25/07) hari ini. Perlu dipisah per harinya nggak sih? Mending iya aja ya, biar lebih enak bacanya, ngalir aja sampe nggak terasa.

Next, (22/07) 2nd day’s coming.
     Di hari kedua ini adalah hari di mana pelatihan induksi untuk pegawai baru dilakukan. Masih sama dengan hari sebelumnya, kami (aku dan Anam) menuju ke gedung departemen Training and Development. Hari ini kami berhasil berangkat lebih pagi dari kemarin, meski masih saja menjadi orang yang memastikan kawan-kawan kami yang lain telah ada di lokasi. Hari ini kami berkumpul dulu di tempat makan siang departemen ini, menunggu pemateri yang akan mengisi pelatihan paling dasar yang harus kami terima pagi itu. Hingga setengah delapan kami masih saling interaksi dan mengobrol canggung. Sampai Mr. Alwi memanggil kami untuk masuk ke dalam ruang delapan.
     Ada enam belas submateri dari Orientasi, Keselamatan, Kesehatan, Lingkungan, dan Tanggung Jawab Sosial bagi Karyawan. Dengan perjanjian di awal untuk Coffee break pada pukul 10.00 WITA dan istirahat makan siang pada pukul 12.00 WITA, kami memulai pelatihan dengan pretest. Sesuai rencana, materi berlangsung datar hingga coffee break usai dan makan siang selesai. Di sinilah keakraban bermula, empat belas orang mahasiswa yang secara sukarela digabungkan dalam angkatan KP Juli-Agustus 2015 ini mulai menampakkan aslinya masing masing di jam sholat Dhuhur. Selepas istirahat, pukul 13.00 materi induksi dilanjutkan lagi dan diakhiri dengan postest. Yah semacam pelatihan seperti biasanya, hari itu terasa lambat di dalam kelas.
     Pukul 14.00 WITA materi bergeser pada SOS International yang ada di PTNNT. Dengan pemateri cantik (mbak Titin) yang mengisi tentang penyakit Malaria, Tuberculosis, Penyakit Menular Seksual, HIV/AIDS, kelelahan, hingga berbagai macam tips untuk menjaga kondisi badan terutama untuk bertahan di dalam lingkungan tambang. Oh iya, sebelum materi kami juga tak lupa mengisi kuisioner SOS dan melakukan tes kesehatan (ambil darah) sesuai prosedur tinggal di lingkungan PTNNT lebih dari 3 hari.
     Hingga pulang ke Townsite, kami ber-20 (dengan adik-adik SMK juga) berada dalam satu bus. Dan petualangan malamku dan partner in crime (Anam) dimulai. Kami kembali berjalan-jalan lagi mencari tempat-tempat yang kiranya kami butuhkan selama disini.
     Hari ke dua ini lancar, tanpa ada halangan apapun. Dan lagi banyak tips yang bisa aku share untuk hari kedua ini. Tips ini aku share hanya untuk memberikan wawasan tentang budaya kerja dan kehidupan di sini. Ingin tahu apa aja tipsnya? Nih...
1. Akrab dengan partner KP lain adalah hal wajib, karena selama kita di sini merekalah keluarga terdekat kita. Dan syukur-syukur kalau bisa nyambung silaturrahmi sampai pascanya. Untuk itulah hari ini aku berhasil mengumpulkan mayoritas kontak LINE dan menyatukannya ke dalam grup untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi. Hingga malam hari memang belum ramai sih, akan tetapi aku punya firasat bahwa setelah kita saling berpisah di plant masing-masing lah grup ini akan berguna.
2. Jangan lupa minta kontak partner KP lain, kenapa? Udah dijawab di poin satu kan.
3. Sebagai orang baru jangan pernah malu bertanya dengan siapapun yang ditemui, dan tentang apapun yang kita belum familiar. Karena sesuai pepatah bahwa “malu bertanya sesat di jalan” adalah 100% benar di lingkungan ini. Ingat, di sini kita ada di atas gunung di dalam hutan! Meski bentuknya perkotaan buatan.
4. Nah, ini ada yang penting lagi nih. Sosialisasi jangan pernah lupa, menyapa setiap orang yang ditemui adalah sunnah muakad di sini yang ketika kita lakukan akan menunjukkan seberapa cepat kita mampu beradaptasi untuk mengenal lingkungan. Bapak-bapak di sini banyak yang wajahnya garang sih, tapi tenang aja, baik-baik dan ramah banget kok. Jangan pernah lepaskan senyum di raut wajah, karena ini juga merupakan pencair suasana bagi sebagian orang baru untuk bisa diterima di lingkungan ini, ramahlah jika ingin ditanggapi dengan ramah juga.
     Lalu yang terakhir, jangan pernah lupa untuk bilang TERIMA KASIH saat kita mendapatkan pertolongan dari siapapun dan berupa apapun. Termasuk setiap turun dari bus. Ingat tentang attitude kan? Pernah dikader kan? Setidaknya jangan cuma dibuktiin buat sok-sokan ngajarin maba atau sama alumni sealmamater aja, tapi di mana saja. Karena di PTNNT ini juga kalau dilihat setiap pegawai menerapkannya seperti itu, salut deh sama mereka. Kurang puas dengan hari kedua?

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???