Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Thursday, July 23, 2015

Kerja Praktik 3rd Day

23/07/2015
Review Kerja Praktik Day 3
PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), plant Batu Hijau, Maluk, Sumbawa Barat
Oleh: R. F. Hary Hernandha (mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012)

Ok, lets continue to 3rd day (23/07)
     Ini hari kamis nih, saatnya pembagian plant dan penempatannya. Dan itu artinya kami semakin dekat dengan pekerjaan yang sesungguhnya, nggak cuma duduk di ruang pelatihan di departemen Training and Development. Sembari menunggu keberangkatan ke plant masing-masing, kami ber-20 berinteraksi, ngobrol ngalor ngidul di ruang makan. Inisiatif untuk meninggalkan jejak bersama-sama muncul. Berbekal Go P*o milik Yefta (STTS), kami mengabadikan momen kebersamaan hari terakhir kami di departemen Training and Development. Setelah hampir tiga jam kami di sana, tiba-tiba ada seruan bahwa yang akan menuju ke Electrical dan Processing Department harus menjalani pelatihan tambahan bernama “Lock Out Tag Out” (LOTO). Kami bertujuh (Aku, Anam, Yefta/STTS, Ica/Mesin ITS, Andry/IT APRIND, Fajar/Polban, dan Iqbal/Polban) terlambat masuk ke dalam ruangan karena memang pemberitahuannya mendadak sekali. Di sana kami bertemu dengan Mr. Ilyus dan Mr. Wayan yang telah melanglang buana di dunia per-LOTO-an. Pelatihannya simpel sebenarnya, hanya seputar gembok dan kunci pusat daya. Akan tetapi meski simpel jangan pernah anggap enteng, karena masalah LOTO dapat berujung maut (kalo ingin tahu lebih, nanti ketemu sharing aja ya). Setelah istirahat makan siang (termasuk sholat), kami bersiap untuk dikirim menuju departemen masing-masing. Saat itu kawan-kawan yang harus bertugas di departemen Mining (Gea/Unsri, Rifky/Trisakti, Gilang/Trisakti, dan Dhani/Unisba) telah lebih dahulu berangkat ke lokasi mereka, begitu juga yang bertugas di departemen Environment (Ana/UB). Yang tinggal di sana hanya 6 orang adik-adik SMK yang akan bertugas di MEWS, Julia (UB) yang bertugas di Townsite bagian Accounting, serta kami bertujuh yang ternyata dipisah lagi menjadi dua departemen. Fajar dan Iqbal harus turun lagi ke Benete untuk bertugas di Power Plant, dan kami berlima harus naik ke lokasi Concentrator 130 dan bertugas di departemen Process.
     Pukul 14.30 kami diantar menuju area Concentrator 130, diperkenalkan ke pembimbing dari Ica, Mr. Rindang (bagian Machine and Rebuilding), dan Ica didrop di kantor dari Mr. Rindang. Selanjutnya aku dan Anam diantar ke kantor di lantai dua, di samping section Planning Maintenance Process (PMP). Kami bertemu dan diperkenalkan pertama kali kepada Mr. Qadarullah Firdausi, yang tak lain adalah pembimbing lapangan kami di section Corrosion Maintenance Project (CMP). Setelah proses ijab dari departemen Training and Development dengan Mr. Firdaus, kami diajak berkeliling lingkungan PMP dan CMP dan berkenalan dengan karyawan yg ada di sana. Hingga waktu sholat Ashar tiba, kami (aku dan Anam) ditunjukkan jalan menuju masjid utama di departemen Process. Saat itulah kami melakukan sholat perdana di departemen Process.
     Setelah sholat, kami kembali ke ruangan Mr. Firdaus, berkenalan lebih lanjut dan berdiskusi tentang apa-apa saja yang dihadapi CMP section di PTNNT ini. Hingga akhirnya kami mencapai kesepakatan bahwa kami bekerja (masuk kantor) dengan formasi 5:2 (5 work day, dan 2 off day), yang artinya kami memiliki dua hari, Sabtu dan Minggu libur. Kami diberikan satu bilik untuk berdua di dekat meja Mr. Firdaus. Bilik kami bersebelahan dengan bilik Mr. Dedi (yang juga bagian dari CMP, akan tetapi masih dalam masa cuti lebaran), dan masih satu ruangan dengan Mr. Firdaus. Kami juga mendapat mandat untuk mengunci pintu ruangan ketika pulang (di hari Jumat) karena Mr. Firdaus hanya bekerja setengah hari (hingga sebelum sholat Jumat). Pas banget, obrolan berakhir pada pukul 16.20 WITA, akhirnya kami dipersilakan menuju halte bus departemen Process. Bersama dengan banyak pegawai lain, kami berlima (aku, Anam, Yefta, Ica, Andry) menunggu bus di sana, dan kami menumpang bus dengan nomor BU 067 dengan tujuan akhir Townsite.
     Malam harinya seperti hari sebelumnya, kami berempat belas makan di Mess Hall (kebetulan) bersama. Berlanjut dengan obrolan mengenai topik departemen masing-masing, dan bercanda ngalor ngidul. Sebelum kembali ke camp masing-masing kami berjalan-jalan (akhirnya aku dan Anam berpetualang tak hanya berdua). Meski hanya ke katala, cukup lah untuk menurunkan makanan yang sedang diolah di lambung menuju usus besar. Sekembalinya ke camp, hari ini giliranku mencuci baju. Tepat pukul 10.30 WITA aku selesai menjemur beberapa helai baju. Setelahnya? Tidurrrr...
Lalu apa lagi tipsnya hari ini? Hmm, okelah aku tambahkan :)
     Pesannya adalah: “Teruslah berjuang dan beradaptasi dengan berbagai macam eksperimen urutan pola hidup dari mulai waktu bangun, waktu mandi, urutan po*p dan mandi, juga urutan antara makan atau sholat shubuh di sini. Karena tanpa menemukan pola yang tepat, aktivitas pagi pra kerja akan terasa sangat berat.”

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???