Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Thursday, June 8, 2017

Kardio 10: Karena Kalau Bersih Semua Senang

PROLOG
Halooo, udah berapa hari nih nggak baca release terbaru dari serial Kardio? Hahaha, kangen ya? Kalau nggak, juga nggak papa. Oh iya, short post kali ini akan sedikit membahas pertanyaan salah satu pembaca, yang sengaja aku masukkan ke sesi khusus FAQ #1. Jadi buat para pembaca kalau mau request ingin membahas sesuatu selama berkaitan dengan Kisah Ramadhan di Negeri Orang, bisa comment, Direct Message, atau langsung ngomong aja kalau ketemu aku ya. InshaAllah kalau pas bisa dipenuhi akan berusaha dibuatkan posting khusus menjawab pertanyaannya. Dan karena yang nanya minta anonim, jadi kali ini FAQ-nya tanpa menyebutkan yang bertanya ya...

Yak, seperti biasanya di Kardio. Sebelum masuk ke sesi ulasannya, yuk kita simak dalil yang mendasari adanya ulasan kali ini!!! (sampaikanlah walau hanya satu ayat!)
وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ - 74:4
وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ - 74:5
"And purify your clothing, and avoid uncleanliness"
(QS. Al Muddatsir: 4-5)
إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ | رواه التيرمدى : 2723
"Sesungguhnya Allah SWT. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu."
(HR. At-Tirmidzi: 2723)
Memang Allah SWT itu menyukai dan mencintai kebersihan, sampai-sampai secara jelas dan terang-terangan Dia menyuratkan firman tentang kebersihan dalam Al Muddatsir di bagian awal surat, sesaat setelah Rasulullah Muhammad SAW dipanggil sebagai "orang yang berselimut". Dan lagi, diperkuat dengan Hadits yang menjelaskan tentang Allah SWT dalam deskripsi singkat namun sudah cukup menggambarkan kemuliaan-Nya.

Kebersihan adalah hal paling sederhana yang membedakan antara kehidupan manusia yang teratur dan serampangan, kebersihan juga merupakan parameter paling mudah dalam mendeteksi seberapa besarnya kecintaan terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW. Bagaimana tidak, Allah SWT dan Rasul-Nya saja mencintai kebersihan, masa' iya kita-kita yang hanya umat akhir zaman tidak meneladaninya?

Nah, atas dasar itu semua juga tulisan ini mencoba menjawab FAQ yang pertama diberikan dari pembaca setia Kardio. Jadi pertanyaannya adalah

"Setelah buka puasa atau sahur bersama gitu biasanya ngapain sih? Selain ngaji dan sholat sunnah lho ya!"

Nah, kira-kira begitu isi kutipan pertanyaannya. Dan untuk memberikan visualisasi awal, yuk disimak video berikut ini!!!



Tuh, itu tuh, aktivitas yang pertama kami lakukan setelah berbuka puasa ataupun sahur bersama. Karena apa? Karena alat-alat makannya akan digunakan lagi di kegiatan selanjutnya, kan itu piring-piring dan wadahnya adalah aset NCU Muslim Club, yang juga merupakan titipan jamaah untuk dimanfaatkan bersama-sama. Dan lagi, selain mencuci piring dan wadah-wadah, kami juga secara sukarela dan bertanggung jawab melipat karpet yang digelar untuk buka puasa bersama dan juga sholat tarawih. Masih ingat kan seperti apa wujud parkiran sebelum digelar karpet? Kalau lupa, yuk diingat-ingat lagi di Kardio 4. Dan juga, kami sangat amat concern perkara sampah, sampai-sampai kami berusaha menghimbau para jamaah untuk tidak membiarkan sampahnya berserakan, menyediakan tempat sampah berupa timba yang besar dan juga trash bag berukuran XXL yang harapannya dapat menampung sisa-sisa barang sekali pakai yang kami gunakan saat berbuka puasa bersama maupun sahur, atau segala aktivitas lainnya.

Nah, begitulah kira-kira aktivitas kami setelah berbuka puasa dan sahur bersama. Sudah terpuaskan? Kalau belum, kapan-kapan ngobrol lagi aja yuk, hehehe...

EPILOG
Duh, ternyata istiqomah dalam menulis hal semacam ini tak mudah lho, apalagi dengan aktivitas dunia nyata yang tergolong "mulai padat" akibat adanya proyek-proyek baru titipan perusahaan kepada laboratorium tempatku bernaung. Yang terkadang proyek tersebut berupa proyek jangka panjang, atau juga jangka pendek: ya seperti yang sekarang ini sedang aku kerjakan.

Kalau kalian ingin tahu bagaimana aktivitasku hingga sedikit menggeser Kardio di posisi kesekian, mungkin beberapa ulasan dalam video (slide) berikut akan mampu mencerahkan. Di mana dalam video (tanpa suara) tersebut menggambarkan secara jelas proyek penelitian apa yang sedang aku kerjakan.


Sengaja tak kuungah ke youtube, dan hanya kusematkan dalam server blogger, karena memang video ini hanya spin off tak penting yang sedikit mendeskripsikan bagaimana kondisi pekerjaanku saat ini. Agar nantinya pembaca tak begitu kecewa dan su'udzon ketika Kardio lama update-nya.

Sekian dan terima kasih...
Sampai jumpa di Kardio selanjutnya!


No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???