Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, June 26, 2013

Ini Hanya Memori dan Terjadi Begitu Saja

-Prolog-
Sore itu kau berjalan keluar dari pintu rumah, tak banyak yang kau bawa, hanya keenam item yang memang biasanya kau bawa, tas ransel daypack warna hitam yang merangkul punggungmu, dengan trainer putih yang mungkin sudah waktunya untuk berganti wujud.
Mesin motor telah menyala dan kau menutup pintu pagar, kau pandang sekali lagi dirimu di pantulan kaca jendela rumah kosmu, kau berbeda, jauh berbeda dari sebelumnya.
-Prolog end-

Namaku Andhi, tak perlu kuberitahukan nama lengkapku di sini, karena kalian sudah mengenalku, lebih dekat malah. Aku cowok biasa, yang punya mimpi besar untuk menaklukkan dunia, haha (dan itu hanya cita-cita). Kulit sawo matang, iris mata warna hitam, rambut hitam acak-acakan dan aku berjanji absen potong rambut hingga enam bulan kedepan, tinggi bisa dibilang standar, dan berat badan normal. Mungkin cukup tentang fisik, haha, karena kalian bisa lihat sendiri fisikku jika kita bertemu nanti.
Punya sifat yang bisa dibilang agak beda, overconfidence maksimal, tapi kadang sok cool, aktivis dunia maya, punya hobi nulis dan sekarang lagi fokus di blogger Pujangga Tanpa Inspirasi. Pengen banget jadi penulis, dan pengen banget nerbitin buku atau minimal novel garapan sendiri.
Hubungan asmara, bisa dibilang agak aneh, aku orangnya setia, banget malah. Nggak tau kenapa, nggak tega aja nyakitin cewek. Haish, dan lupakan hal itu.
Sore ini aku berencana menjadikan salah satu lokasi di sudut kota Surabaya sebagai tempat menyendiri, ya ini salah satu hobiku. Karena apa? Sahabatku kebanyakan cewek, dan mereka juga punya pacar, daripada bikin masalah karena harus ngajakin hangout pacar orang, juga demi mikirin perasaan cewek spesialku yang ada nun jauh disana, mending keluar sendiri, dan I think that's not bad :)
Sore ini ada jadwal screening dari oprec anggota Himpunan di jurusanku. Oh iya aku belum bilang, aku mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi, ITS Surabaya, so aku calon materialist dan metalurgist. Haha, oke lanjut ke story-nya. Motor merah melaju keluar gerbang ITS, dan tentu saja aku yang ada diatasnya, tempat itu nggak terlalu istimewa, tapi punya andil besar buat hidupku.
Bisa dibilang fase pendewasaanku ada di sini, ketika roda motor berputar dan membawaku masuk pada sebuah jalan besar yang sering kulalui saat aku menuju ke kota asal, ya jalan Kusuma Bangsa, dan disana aku masuk pada sebuah percabangan jalan kecil bernama jalan Kacapiring. Teringat akan masa-masa galau tahun lalu, saat dimana harapan untuk jadi dokter masih membumbung dan tak terbendung. Hingga akhirnya stuck jadi mahasiswa keren yang sering disebut engineer, dan bisa dibilang inilah sebenernya jurusan idaman para cowok dan destinasi dari perburuan hati para cewek. Hahaha, cuma spekulasi.
Rumah di ujung jalan itu pernah aku tinggali kurang lebih 3 bulan, masa transisi penuh kegalauan, masa dimana malaikat setiap malam merangkul doaku dan mengantarkannya pada ya Rabbku. Teringat semua gambaran flashback masa-masa itu, saat dimana ada sebait cinta lokasi disana, dan sekali lagi itu bukan aku subyeknya, bahkan aku yang menjadi obyek. Hahaha, lucu memang jika dilanjutkan. Dan ingatanku tertuju pada seorang partner yang sepertinya memang kita ditakdirkan untuk bertemu dan tertaut pada satu pemikiran dan terpisah jarak pada takdir masing-masing. Dan dia menjadi calon dokter sekarang, semoga sukses kawan...
Hanya sejenak aku flashback ke masa lalu di rumah itu, selanjutnya aku memacu motor ini ke sebuah jalan lain, tak jauh dari sana, jalan BKR Pelajar di depan kompleks SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 9 Surabaya, dan aku berhenti di depan gedung yang disana tertulis nama Ganeca Operation inilah rumah keduaku saat itu, atau bisa dibilang ketiga sepertinya, karena rumah keduaku ada di jalan Kacapiring tadi, Sony Sugema College. Disini tak hanya akademik yang kudapat, pengalaman bertemu orang-orang baru dengan berbagai latar belakang dan sifat, serta kebiasaan. Menarik sekali, dan jujur aku rindu masa itu.
Flashback selanjutnya aku putuskan berlanjut ke sebuah gedung perkuliahan yang tak begitu terkenal di Surabaya, tapi kuanggap itu universitas dengan cerita terindah sepanjang hidup. Universitas Tujuh Belas Agustus 1945, atau biasa disebut UNTAG. Di tempat itu masa depanku tertata, tempat dimana aku memeras otak demi sebuah jalan masa depan dan membuka pintu ke jenjang yang lebih tinggi dari masa putih abu-abu. Di sini lokasi tes SNMPTN tulisku, aku masih ingat betul pagi itu aku di drop turun dari motor, dan orang tuaku rela menungguku hingga tes berakhir demi sebuah dukungan psikis, bahwa masa depanku ada di koridor ridho mereka. Love you all my mama and papa :*
Di ruangan no 801, yang otomatis terletak di lantai 8, aku mengukir masa kegalauanku di sana, hingga kutemukan jalan panjang menuju masa depan yang bernama engineer. Dan aku bangga dengan jalan yang Dia berikan kepadaku. Ini jalan terbaik memang,
"Karena Dia tak selalu memberikan sesuatu yang kita inginkan, sebab Dia tahu apa yang kita butuhkan."
momen terindah di dalam flashback ini berujung manis pada sebuah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang aku yakin nantinya saat aku lulus, akan banyak yang bisa aku kenang disana, atau lebih tepatnya di sini, di tempat aku menghentikan motorku sore ini. Tepat satu menit sebelum screening dimulai, dan memang benar shift sebelumnya belum keluar.
Dan apa yang terjadi di dalam nantinya?
Akan terjawab di sebuah cerita indah, yang nantinya akan jadi torehan masa lalu yang manis, ketika semua telah terlewati.

-Epilog-
Ya, seperti itulah dirimu, selalu memiliki hal yang bisa menjadi uraian kata-kata. Jujur kau memang memukau, bukan dari sudut pandang overconfidence diri sendiri, karena dirimu memukau dengan kesederhanaan dan kebersahajaan sifat yang kau perlihatkan apa adanya, ya memang terkadang kau menunjukkan muka yang lain, tapi itu di saat-saat tertentu, seperti saat "itu" dimana kau ada di posisi tersulit saat cerita indah "itu" belum berakhir. Jika kalian tahu apa maksudnya, kalian mungkin juga akan tertawa sendiri, atau mungkin tenggelam di flashback masa lalu cerita indah kalian sendiri. Dan sekali lagi, kau berhasil menjadi dirimu sendiri, dengan segala ketidaksamaan yang kau bawa. Dengan segala cerita indah yang mungkin masih tersimpan rapi di dalam memori terdalam dari dirimu.
-Epilog end-

2 comments:

  1. Mungkin ITS memang tempat terbaik yang telah Allah berikan. :)

    ReplyDelete

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???