Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, August 11, 2010

Renungan Di Awal Ramadhan 1431 H

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama - tama aku ingin mengucapkan:

MARHABAN YA RAMADHAN

Di bulan Ramadhan di tahun 1431 H (2010 M) ini layaknya ngga seperti Bulan Ramadhan di tahun - tahun sebelumnya...

Setiap aku menemui bulan Ramadhan setiap tahunnya, selalu ada hal yang berbeda sih memang,
Yah, contohnya saja...
Ramadhan tahun lalu masih ada yang suka sms'in waktu aku sahur (alias bangunin sahur lewad sms),
Tapi sekarang enggak (maklum jomblo.com)

Tapi dengan begitu aku bisa lebih menyelami arti hidup ini...
Meskipun belum bisa sepenuhnya memahami,
Setiap detik, setiap menit, setiap jam dan setiap waktu...
Umur kita bertambah,
Tetapi usia kita berkurang...
Mungkin sebagian orang menganggap kedewasaan dapat diperoleh dengan bertambahnya umur seseorang...
Tapi bagiku,
Kedewasaan justru diperoleh dari pengalaman hidup, bukan dari lama hidup!
Dulu aku berfikir ingin cepat - cepat dewasa,
(yah, harapan masa kecil)
Tapi sekarang?
Apa?
Aku malah ingin kembali ke masa kanak - kanak,

Awalnya, aku mungkin belum terbiasa dengan kehidupan (remaja) baru saja...
(hingga kira - kira 2 tahun lalu)
Ketika aku melalui bulan Ramadhan di tahun 1429 H (2008 M),
Aku mengingat - ingat akan bulan Ramadhan yang aku lalui 9 tahun lalu (saat saya berumur 5 tahun)
Aku selalu menghabiskan waktu di bulan Ramadhan di rumah kakek dan nenek,
Berbuka bersama di ruang makan dengan meja makan berbentuk bulat,
Sehingga kita bisa makan sambil berbincang - bincang penuh kehangatan...

Tapi sekarang?
(atau tepatnya 2 tahun lalu, saat saya berfikir)
Nenek (atau 'ibuk' aku biasa memanggilnya) sudah tiada...
Kakek (atau 'bapak') pun sudah berada di kota lain,
Kakak pun sudah berada di luar kota untuk melanjutkan kuliahnya...
Di rumahpun hanya tinggal aku, Mama, dan Papa...
Ramadhan kala itu aku anggap sebagai bulan kesepianku...

Tapi setelah 2 tahun ini aku menghadapi Ramadhan yang memiliki sedikit perbedaan dari Ramadhan sebelumnya...
Dan itu selalu terjadi...
Yah, dari situlah, aku mulai berfikir akan sebuah masa...
Yang diciptakan Allah untuk manusia...
Untuk kita umat Rasulullah SAW.
Di mana masa itu sudah pernah dilukiskan di dalam surat Al Qur'an...
Surat yang mengingatkan kita, manusia akan WAKTU
yaitu surat Al ashr, yang artinya:

"Demi masa (waktu), Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."

Memang arti di dalam surat ini ditujukan pada kita umat muslim...
Tapi jika kita mau menelaah,
Bagi umat agama lain pun...
Mengerjakn amal saleh juga dapat diartikan untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Jadi apapun yang kita lakukan,
haruslah bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain...
Agar kita tidak menjadi orang yang menyia - nyiakan waktu dalam kehidupan kita!

Selanjutnya adalah tentang kesedihan ataupun kesenangan ataupun kesulitan serta keberhasilan,
yang kita peroleh juga dapat kita pelajari dari implementasi surat Alqur'an,
Yaitu surat Ad Dhuha, yang artinya:

"Demi waktu matahari sepenggalahan naik, dan demi malam apabila telah sunyi (gelap), Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu. Dan sesungguhnya hari kemudian (akhir) itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan). Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu , lalu (hati) kamu menjadi puas. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu? Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya. Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan."

Juga Surat Alam Nasyrah, yang artinya:

"Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?, dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap."

Dari kedua surat tersebut mengisyaratkan akan sebuah kesabaran yang harus dibentuk oleh kita, umat manusia dalam menghadapi kehidupan di dunia...
Dan kitapun hendaknya menelaah apa yang terjadi dan menjadikannya sebagai pelajaran...

Jadi, dari ketiga surat tersebut, dan dari posting saya di atas...
Dapat kita ambil beberapa poin penting yang harus kita renungkan, diantaranya:
1. Memanfaatkan waktu sebaik - baiknya,
2. Dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama...
3. Kesabaran, karena Allah sudah menjanjikan di dalam kesulitan pasti akan ada kemudahan...
4. Berusaha dengan sebaik - baiknya, meskipun apa yang kita lakukan pada awalnya idak memperlihatkan kesuksesan, tapi percayalah. Bahwa pada akhirnya nanti akan kita peroleh sebuah kesuksesan...

Yah, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan di kesempatan posting saya kali ini...
Atas Kurang lebihnya, saya mohon maaf yang sebesar - besarnya!

Wa Billahi Taufiq Wal Hidayah, Wa Ridho Wal Innayah, Fastabiqul Khairat

Wassalamualaikum Wr. Wb.


>>> Herozh inside

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???