Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, December 18, 2013

Pendidikan: Sebuah Kata Berbagai Cerita

A : “Wah gila ! (membaca halaman Koran dengan seksama) kamu sudah baca berita utama pagi ini belum?”
B : “Berita yang mana? Transfer pemain baru Real Madrid ta?”
A : “Ah, gimana sih kamu, mahasiswa bacaannya bola mulu. Tuh baca, (sambil menyerahkan lembaran Koran), masak ada mahasiswa yang sampai mau jual Ginjal untuk bayar biaya kuliah.”
B : “Wih, iya, di sini jelas tertulis kalau dia tidak bisa membayar biaya kuliah yang selalu naik tiap tahunnya.”
A : “Secara kebijakan birokratis sebenarnya kita semua sudah tahu bahwa alokasi APBN untuk sektor pendidikan sebesar 20 % dari total APBN negara. Dan mahasiswa tersebut berkuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Apakah nominal tersebut masih belum cukup ya ?”
B : “Memang aneh, dan saya pribadi tidak bisa menyimpulkan siapa yang harus bertanggung jawab atas hal ini, karena cukup banyak stakeholder dalam suatu sistem pendidikan.”
A : “Ya, entahlah apa yang salah dengan pendidikan di Negeri ini. Apakah orang yang terlibat atau alur sistemnya atau produk kebijakannya ?
A & B : “…… (terdiam sejenak, kemudian melanjutkan makan mie instan)”  
------------------------------------------------
Sebuah percakapan hangat di sebuah warung kopi antara dua sahabat, yang semuanya mahasiswa, dan keduanya sudah menginjak semester akhir, belum lulus, namun sudah mencoba untuk berdiskusi mengenai bangsa dan negara ini. Anggap saja yang menjadi pelaku utama dalam dialog di atas adalah saya dan rekan saya.
Banyak hal yang menjadi bahan diskusi antara saya dan rekan saya malam itu, namun satu hal yang menarik bagi saya adalah mengenai kondisi pendidikan di negeri tercinta kita, Indonesia. Mungkin dipicu oleh insting mahasiswa yang sensitif kalau bicara mengenai uang, yang akhirnya menggerakkan pikiran saya untuk mencari lebih dalam, “sebenarnya gimana sih kondisi pendidikan di negara kita? Sudah relevankah biaya yang dibebankan pada pelajar di negara kita?”
Memaknai sebuah Pendidikan
Dan setelah melewati tahap pemikiran, saya memberanikan diri untuk menuliskan pemikiran saya dalam sebuah tulisan. Sebenarnya saya bukanlah seorang penulis, bukan juga mahasiswa jurusan jurnalistik, saya adalah seorang calon engineer namun sedang belajar untuk menulis. Karena saya yakin bahwa proses belajar termasuk dalam proses pendidikan.
Kata pendidikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam  usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik-memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.
Sedangkan menurut Ki Hadjar Dewantara, sebagai tokoh pendidikan Indonesia, pendidikan berarti daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelektual dan tubuh anak); dalam Taman Siswa tidak boleh dipisahkan bagian-bagian itu agar supaya kita memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan, kehidupan dan penghidupan anak-anak yang kita didik, selaras dengan dunianya (Ki Hajar Dewantara, 1977:14)  
Sehingga, berdasarkan dua sumber diatas, saya memaknai sebuah pendidikan lebih dari sebuah kemapuan intelektualitas seseorang dalam hal akademik, namun juga kemampuan seseorang dalam mengamati, membandingkan, memahami suatu proses hidup yang kemudian dapat mengambil sikap akan hal tersebut. 
Semoga persepsi saya tersebut tidak salah. Lantas, dengan persepsi makna tersebut sebenarnya bagaimakah kondisi pendidikan di Indonesia saat ini? Tepatkah dengan makna tersebut kita harus membayar biaya pendidikan yang katanya semakin mahal? Tepatkah bila kita sampai harus menjual Ginjal untuk dapat merasakan sebuah Pendidikan??
Pendidikan di Indonesia
 Sekali lagi menurut saya, pendidikan memiliki makna yang luas, namun di sini pembahasan lebih kita kerucutkan untuk pendidikan dalam hal formal atau pendidikan akademik. Menurut sudut pandang saya, sistem pendidikan di Indonesia sudah sangat terstruktur. Dari lembaga pemerintahan di bidang pendidikan, strukturnya sudah sangat jelas di bawah komando Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Dari  jenjang pendidikan juga sudah jelas dimulai dari pendidikan anak usia dini, dasar, menengah pertama, menengah atas, dan kemudian pendidikan tinggi. Selain itu sistem pendidikan kita juga ditunjang dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan anak-anak untuk sekolah minimal 9 tahun atau bisa dibilang sampai jenjang Menengah Pertama. Dan tak lupa kurikulum pendidikan yang selalu ditinjau ulang tiap tahunnya. Lantas, apa yang kurang dengan pendidikan di Indonesia?
Sebenarnya secara sistem tidak ada yang kurang, dan menurut saya sudah cukup baik, bahkan berlebih. Bagaimana bisa berlebih? Secara sistem kelembagaan dan kebijakan bisa jadi sudah sangat terstruktur namun hal ini terjadi pula pada sistem hubungan paling bawah dalam sistem pendidikan yaitu hubungan pengajaran antara guru dengan murid. Tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini pengajaran dalam kelas masih menganut sistem top-down yang sangat kuat. Artinya, guru atau dosen memberikan ilmu dan murid atau mahasiswa menerima ilmu. Guru berbicara sedangkan murid mendengarkan. Guru memberikan PR (Pekerjaan Rumah), maka murid akan mengerjakan PR. Kalau guru tidak memberikan PR, maka malam harinya murid tidak akan belajar. Guru libur, murid libur (karena merasa tidak akan mendapat ilmu). Murid tidak masuk (libur), guru tidak peduli (karena merasa masih mendapat gaji). Intinya adalah, bisa jadi Guru dipandang sebagai subjek sedangkan murid hanya sebagai objek. Semoga kondisi yang saya sampaikan masih salah.
Selain itu, entah benar atau salah, saya melihat bahwa pendidikan di Indonesia memiliki outcome (tujuan) akhir yaitu untuk menghasilkan lulusan pendidikan yang “siap pakai”. Kata-kata “siap pakai” di sini bisa jadi berarti menghasilkan tenaga-tenaga yang mampu bersaing untuk memenuhi kebutuhan perkembangan industri dan teknologi. Kalau sudah begini, artinya lulusan pendidikan dipandang layaknya sebuah komponen yang telah melewati proses standarisasi untuk digunakan sebagai bagian pendukung industri. Dan semua lembaga pendidikan-pun berlomba-lomba untuk menghasilkan lulusan yang “siap pakai”, begitu pula institusi tempat saya menimba ilmu saat ini.
Sebenarnya paradigma tersebut saat ini sudah mulai di sadari oleh pemerintah, sehingga berbagai usulan solusi mulai diterapkan. Salah satu solusinya adalah di terapkanlah berbagai kurikulum yang mengharuskan keaktifan peserta didik seperti Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau metode SCL (Student Centered Learning). Namun, Kurikulum ataupun Program-program pemerintah hanyalah sebuah produk pendidikan, sedangkankan pelaku pendidikan adalah kita sebagai peserta didik dan guru atau dosen yang merupakan pendidik. Dan menurut saya faktor pelakulah yang memegang peranan utama dalam suatu proses pendidikan.
Lantas, apakah yang salah pelaku pendidikannya? Bagaimanakah tingkat kesejahteraan pelaku pendidikan Indonesia? Kesejahteraan, erat kaitannya dengan biaya, benarkah biaya pendidikan di Indonesia mahal??
Benarkah biaya pendidikan di Indonesia mahal?
Sebuah pertanyaan sulit yang akhirnya terlontar, apakah biaya pendidikan di Indonesia mahal? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentunya langkah logis pertama yang kita lalui adalah dengan cara membandingkan. Berdasarkan hasil saya surfing, di berbagai website di internet mengenai perbandingan biaya pendidikan di Indonesia dengan di luar negeri dengan asumsi pendidikan di sini adalah pendidikan tingkat tinggi, dapat saya ambil kesimpulan bahwasanya biaya pendidikan di Indonesia masih tergolong murah bila dibandingkan dengan biaya pendidikan di negara-negara Eropa (UK, Prancis, dll), Amerika Serikat, Jepang, bahkan Australia. Rata-rata biaya pendidikan di luar negeri menghabiskan biaya minimal 500 juta rupiah, sedangkan di Indonesia masih sekitar 50 juta rupiah. Lantas, apakah pernyataan bahwa pendidikan di Indonesia mahal adalah salah?
Sebenarnya, kesimpulan bahwa biaya pendidikan di Indonesia tidak mahal tidaklah dapat serta-merta dikemukakan. Karena, saya menyadari bahwa penentuan biaya pendidikan suatu negara juga ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor ekonomi, mindset peserta didik, hingga faktor pengakuan internasional. 
Faktor ekonomi jelas berpengaruh, kita sebagai negara berkembang tentunya memiliki keterikatan yang erat dengan kondisi keuangan global, sehingga hal ini mengakibatkan nilai mata uang kita cenderung fluktuatif. Nilai mata uang yang fluktuatif ini juga berdampak pada kesejahteraan dalam berkehidupan sosial. Nilai pendapatan per kapita kita jelas masih kalah bila dibandingkan dengan negara-negara luar, baik Asia maupun Eropa. Selain itu, bagi peserta didik bila ingin mencari kerja sambilan (part time job) juga masih susah dan tidak membantu secara signifikan dalam proses pendidikan. 
Selain faktor ekonomi, yang saya soroti adalah mengenai mindset peserta didik, seperti halnya saya. Saya melihat bahwa tingkat konsumsi pelajar di Indonesia juga bisa di bilang cukup tinggi. Secara kasat mata mari kita lihat, dari transportasi, hampir seluruh pelajar di tingkat pendidikan tinggi telah memiliki dan menggunakan kendaraan bermotor, mayoritas sepeda motor, namun pengguna mobil juga tidak sedikit. Bandingkan dengan kehidupan pelajar di Jepang, hampir seluruhnya menggunakan transportasi massal. Contoh lain, seperti kebutuhan tersier layaknya handphone, pulsa, internet, pakaian, hiburan hingga rokok sudah cukup menguras uang. Mungkin secara nominal tidaklah sebesar bila dibandingkan dengan biaya hidup di luar negeri, namun dengan korelasi kondisi ekonomi di atas. Lantas, pengeluaran tersebut untuk apa? Sebegitu pentingkah??
Dan yang terakhir adalah mengenai pengakuan internasional, sudah bukan rahasia bila ada pepatah “harga menentukan rasa”. Seorang lulusan luar negeri diharapkan memiliki citra lebih bila dibandingkan lulusan domestic. Bahkan, di beberapa negara, begitu seseorang telah memperoleh gelar sarjana, maka diapun akan langsung mendapatkan work permit atau ijin untuk langsung bekerja di institusi yang menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tersebut. Kalau sudah begini artinya pendidikan layaknya sebuah investasi dimana harga beli yang tinggipun akan memiliki harga jual yang cukup tinggi juga.
Kalau begitu yang benar yang mana murah atau mahal kah pendidikan di Indonesia??
Murah atau Mahal? Titik akhir-Kesimpulan
Pandangan di atas lebih merujuk perbandingan antara kondisi pendidikan dalam negeri dengan di luar negeri. Lantas, bagaimana relevansi penentuan biaya pendidikan di Indonesia dengan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat?. Dan bila saya di suruh mengambil kesimpulan, maka saya akan bingung (Haha..), karena pada dasarnya tulisan ini adalah sebuah bentuk kajian singkat yang masih jauh dari kata kebenaran mutlak. 
Bila dihadapkan pilihan pernyataan dimana pendidikan di Indonesia itu Murah atau Mahal? Maka saya akan lebih senang bila menyebut pendidikan di Indonesia masih terjangkau. Adapun maksud terjangkau di sini adalah dapat dijangkau, artinya penentuan murah atau mahalnya juga ditentukan oleh usaha para pelaku pendidikan. Kita sebagai pelajar dapat berkarya untuk menghasilkan uang, mencari program beasiswa, mengurangi tingkat konsumsi yang berlebih hingga mengambil kerja sambilan untuk meringankan biaya pendidikan kita.  
Di sisi pemerintah, kesejahteraan para pendidik juga harus sangat diperhatikan demi menjaga kualitas dan semangat para pendidik untuk melakukan proses transfer ilmu kepada peserta didik. Selain itu pelaksaan dan pengawalan sistem pendidikan juga harus murni didasarkan pada keikhlasan untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang lebih baik.
Artinya, memang bisa jadi pendidikan di Indonesia tidaklah murah, namun tindakan yang sampai menjual Ginjal untuk melanjutkan kuliah juga tidak dapat dibenarkan. Sehingga mungkin memang ada yang salah dalam prosesnya. Organ tubuh kita bukanlah suatu komponen yang dapat dijadikan sebuah jaminan untuk mendapatkan sebuah pendidikan, karena sebenarnya pendidikan itu sendiri telah menjadi cita-cita/tujuan bangsa kita. Hal ini mengacu akan beberapa kalimat pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai berikut.
“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia…”
Sehingga, pada dasarnya pendidikan telah dijaminkan oleh Bangsa ini, dan setiap masyarakat Indonesia ber-Hak mendapatkannya. Karena melalui pendidikan, kita dapat mengukir berbagai cerita untuk Bangsa dan Negara.
(Rizkiyan Ardi Nugroho)

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???