Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Tuesday, December 10, 2013

Akhir Sebuah Penantian

“Hai Mel....”sapa seorang cowok yang kini duduk disamping cewek yang tadi dipanggilnya.
“Hem, hai juga kak Radit.”jawab cewek yang bernama Amel itu sambil menutup buku yang sudah hampir sejam dibacanya. Sedikit mengerutkan kening, Amel melihat cowok yang telah dikenalnya dua tahun terakhir terlihat begitu gusar.
“Aku nyerah Mel  ! Me-nye-rah! “ ucapnya begitu yakin sambil menatap mata Amel.
“Hah ? Maksudnya kak?”menekuk keningnya lebih dalam.
“Aku menyerah dan tidak akan mengharapkan dia lagi.”serunya sambil mengarahkan pandangannya ke satu arah.
Spontan saja Amel menjawab “Kak Chiya maksudnya?” tanpa sedikitpun merubah ekspresi wajahnya.
“Iya Mel !” jawabnya yakin mengalihkan pandangannya lurus kedepan.
“Tapi kak, udah dua tahun kakak ngejar kak Chiya, masa mau nyerah gitu aja sih ! Usaha lagi dong kak!” Amel meletakkan begitu saja buku yang dipegangnya, merasa tertarik akan topik yang sedang dibicarakan Radit,penasaran, berita apa lagi ini ? Pikirnya.
“Ya aku tau Mel. Tapi buat apa dipertahanin kalau akhirnya aku tetap ditolak Chiya ? Udah dua tahun aku menunggu dan gak Cuma sekali dia nolak aku setelah aku ungkapin perasaan aku ke dia.”
“Iya kak,aku tau. Tapi dua tahun bukan waktu yang singkat lo kak. Kakak gak pernah melirik cewek lain selain kak Chiya. Apa gak sayang pengorbanan dan waktu kakak selama ini?” Amel menaikkan suaranya hingga Radit mau gak mau menatap Amel gusar.
“Trus kamu bagaimana? Kenapa kamu menyerah dengan Dirar mu yang udah kamu tunggu selama 4 tahun ?”Menatap kembali mata Amel dengan tajamnya.
”....” Amel hanya bisa membuka mulutnya, tak bersuara. Kemudian menghela nafas berat dan menatap kosong taman sekolah yang ada di depannya lalu menjawab lirih “Karena tak ada harapan lagi”.
“Nah, aku juga sudah tidak punya harapan lagi, Mel. Mau mengharapkan apa lagi dari dia ?”
“Tapi kak...”belum selesai Amel berbicara, Radit sudah memotong ucapannya. 
“Sssttt... aku gak mau bahas ini lagi dan udah waktunya masuk kelas.”sahut Radit sambil berdiri dan berlalu.
Amel menatap punggung Radit, berharap ia kembali dan menjelaskan semuanya, hingga harapannya dijawab oleh hilangnya Radit dibalik dinding pembatas antara kelas dan taman sekolah.
‘Harapku yang besar apakah akan hilang seperti itu kak ?’ Ucap Amel dalam hati.


Setelah beberapa hari dengan keputusan Radit, Amel tetap tak membahas ataupun memberanikan diri untuk bertanya tentang hal yang membuatnya penasaran.
Di kelas Radit
“Dit, ada yang nyariin tuh!”kata seorang cowok berpostur tinggi. Mengatakan dengan enggan pada Radit yang sedang sibuk menghibur cewek yang duduk disampingnya.
“Siapa?”Tanya Radit enggan, merasa terganggu.
“Adek kelas.”ucap cowok tadi sambil berlalu. 
Pasti Amel. Ntar dulu aja. Nunggu bentar pasti gak apa.apa.
....
“Aduh lamanya! Kemana sih. Katanya tadi ada!”gerutu Amel dalam hati. Akhirnya memutuskan melongok untuk sedikit mengintip dan mencari sosok Radit. Tak lama, muka Amel berubah sedikit masam.
“Ternyata dia. Pasti lama. Ya sudahlah.”sesal Amel sambil membungkuk sebentar dan segera berlalu.
....
Akhirnya beberapa waktu kemudian Radit keluar kelas namun Amel tak ada. Mana Amel ? Radit berbalik hendak segera pergi tapi... apa ini ? Wih kotak merah, mungil, lucu. Kenapa ada disini ? Buat siapa ya ? “Kak R-a-d-i-t”eja Radit pelan. Loh buat aku ? Melihat Chiya yang masih menangis, kotak merah tadi segera dimasukkan Radit ke saku celana sekolahnya.
14 Februari 2009 : 19.00
“Oke, semua sudah siap. Kak Radit pasti seneng banget dapat kejutan ini. Undangan di kotak pasti udah dibaca.”Amel berbicara kepada dirinya sendiri. Merapikan semua kejutannya untuk Radit. Sudah bersiap dengan gaun merah maroon yang telah dipilihnya, menghabiskan banyak waktu untuk memilih yang berakhir pada pilihan pertama. “Ini yang terakhir, kak.”gumamnya pelan.

Amel melihat jam putih mungilnya, pemberian orang yang kini dinantinya. Jarumnya tepat menunjukkan pukul 9 malam.
“Bodohnya gak bawa jaket, udah tau pakai pakaian kayak gini dan malam-malam pula !” gerutu Amel.
‘tes’ Amel mengusap air yang membasahi hidungnya.
‘tes’.’tes’.’tes’
‘Hujan pula’ gerutu Amel kesal didalam hati. Sekalipun menggerutu, ia tetap tak bergerak bertahan disamping meja kecil, dan kue yang telah susah payah dibuatnya. 
Membiarkan kuenya dan sebuah bungkusan warna merah basah. Membiarkan tanpa ada usaha untuk menjaga keduanya agar tetap kering. ‘Tak peduli lagi’ pikirnya.

“Halo, ini siapa ?” raut muka Radit yang penasaran melihat nomor yang tak dikenalnya menghubunginya saat ini.
“Nak Radit, ini mamanya Amel. Kalian berdua tidak lagi ditaman, kan ?”
“Amel?”
“Iya. Katanya dia mau bikin pesta kecil sama nak radit. Tadi tante telfon ke hp nya Amel, hp nya tidak bisa dihubungi. Tolong ya Am...”
“Pesta?”
“Loh undangannya belum dikasihin ke nak Radit?”
‘Astaga!’ seru Radit dalam hati.
“Iya tante. Kalau begitu saya tutup dulu ya.”
“Masalahnya Amel besok mau ber...”
‘tut’.’tut’.’tut’.
Serta merta Radit menarik tasnya. Masih berbaju seragam, berlari menuju tempat parkir. Seharian ini Radit menemani Chiya, kebiasaan lama Chiya kalau sedang putus dengan pacarnya.
“Radit mau kemana kamu ?”teriak Chiya tanpa sadar. Melihat laki-laki yang selalu ada untuknya pergi begitu saja tanpa sepatah katapun untuknya. Teriakannya membuat semua tamu kafe melihat dirinya, dan Radit tak peduli padanya.
Di tempat parkir, Radit segera masuk ke dalam mobilnya. Tubuhnya basah karna hujan yang cukup deras.
‘Hujan-hujan gini ? Dia belum pulang juga ? Pasti masih nunggu!’
“Undangan?” tanyanya pelan pada dirinya sendiri.
Radit mengambil kotak kecil merah berpita yang tadi hanya ia kantongi dan kemudian dia masukkan kedalam tasnya tanpa ada rasa penasaran pada isinya.
AKU TUNGGU YA KAK DI TAMAN JAM 7 MALAM.
ADA KEJUTAN BUAT KAKAK.
Amel
“Bodoh banget sih, Dit ! Kenapa gak kamu buka ? Gila ! Lagian Amel itu kurang kerjaan ya. Siapa yang ulang tahun sih hari ini ?”
Dengan kecepatan yang cukup tinggi Radit menerobos hujan.

“Mel ?” Radit melihat Amel yang terduduk kedinginan. Amel hanya menengadah dan tersenyum simpul.
“Akhirnya datang juga.”ucapnya
“Aku..Aku...” Radit tak mampu mengatakan sepatah katapun melihat kondisi Amel dan semua kejutan yang disiapkan untuknya. Untuk apa semua ini ?
“Maaf.”satu kata yang singkat terucap dari mulut Radit untuk Amel.
“Gak apa.apa kak. Seharusnya aku langsung ngasih kakak kotak itu, jadi gak bakalan kayak gini akhirnya. Seharusnya aku...”
Radit menarik tubuh Amel, mendekap seolah melindungi Amel dari hujan.
“Maaf Mel, tadi aku nemenin Chiya. Aku gak tau kalau kamu....”
“Iya kak, gak apa.apa” ucap Amel sambil melepas pelukan Radit. “Kak, ini udah malem banget. Seharusnya aku udah di rumah sekarang. Aku pulang dulu ya kak. Semoga kita cepat bertemu.” Amel beranjak pergi ketika Radit mencoba menghentikan Amel dengan menggenggam tangannya namun ditepis Amel. ‘Tidak, aku tidak boleh menangis disini’ ujarnya dalam hati seraya mempercepat langkahnya meninggalkan Radit.
Sedangkan Radit hanya berdiri diam. Mengamati lebih detail segala yang sudah disiapkan Amel untuknya. Melihat kue Amel yang basah. Dan...sebuah bungkusan merah yang menarik rasa ingin tahunya. ‘Lagi.lagi warna merah. Warna kesukaan kita, Mel.”
Tak lama Radit memutuskan membawa bugkusan itu ke rumah.

Kamar Radit begitu sederhana. Hanya ada satu tempat tidur, meja komputer dan sebuah almari. Cukup rapi untuk kamar cowok, hanya saja beberapa kertas berantakan di samping tempat tidur dan sebuah keyboard yang terletak di pojokan kamar disebelah meja komputer. Keyboard itulah yang selalu menemani Radit disaat moodnya sedang gak karuan.
Setibanya di rumah, ia segera membersihkan diri dan tak sabar membuka bungkusan basah yang diambilnya di taman tadi.
9 Januari 2007
Kamu begitu menyebalkan Raditya Adinata !!!!!
11 Januari 2007
Ngapain sih sok.sok’an baik ke aku. Aku gak akan maafin kamu atas semua kejadian itu. Seenaknya saja mempermalukan aku didepan umum !
29 Januari 2007
Okelah kamu aku maafkan dengan terpaksa, Raditya Adinata !
Semalaman Radit membaca buku mungil yang menampung segala cerita Amel. Tak pernah ia ketahui perasaan Amel seperti apa. Cewek yang dulu pernah ia permalukan hingga sekarang Amel begitu dekat dengannya.
13 Februari 2009
Kak Radit, kalau kakak udah baca tulisan ini, aku yakin kakak udah baca cerita.ceritaku yang lalu. Semuanya ku tulis di buku diary ini. Dari sifat kakak yang begitu menyebalkan di pesta Kak Mentari sampai sekarang saat kakak menjadi orang yang paling aku kenal.
Dua tahun kita berteman layaknya adik kakak. Aku yang selalu mendengar cerita.cerita kakak, aku yang selalu membuat kakak marah dan kesal. Dan aku juga yang biasa memarahi kakak tapi kakak gak pernah mengeluh akan semua sifat.sifat jelekku itu.
Lamanya kita berteman, seharusnya kakak tau perasaan aku saat ini ke kakak. Kakak seharusnya bisa baca mata aku, baca gerakan aku. Kakak seharusnya tau kenapa aku................

Pukul 05.59
Setelah membaca semuanya, Radit segera mengendarai mobilnya menuju rumah Amel. Sesampainya di rumah Amel, sesuatu membuat Radit terkejut.
“Maaf den. Non Amelnya udah berangkat.” Ucap mbok Suki yang membukakan pintu.
“Berangkat ? Berangkat kemana mbok ? Biasanya Amel gak pernah keluar kalau hari Minggu gini.”
“Oalah, den Radit belum diberi tahu toh. Wong non Amel mau berangkat ke Australia. Mau sekolah disana.”
‘Australia?’teriak Radit dalam hati.
Ia segera berlari menuju mobilnya. Ketika membuka pintu ia menoleh.
“Mbok, jam berapa pesawatnya Amel berangkat?” teriak Radit.
“Jam tujuh, den.”
Radit melihat jamnya sekilas.
Segera ia menuju bandara.

06.49
Apa ini maksud ucapannya Amel kemarin ‘semoga kita cepat bertemu’.
Goblok ! umpat Radit dalam hati.
Radit berlari menerobos setiap alur jalan manusia di bandara ini. Tentu saja berusaha mencari Amel.
Terkadang menabrak beberapa orang dan menerima cacian mereka. Tapi ia tak peduli.
“Amel ? Kamu dimana ? Plis jangan buat aku menyesal.”
Setiap sosok yang mirip Amel ia hampiri, dan ketika melihat wajahnya Radit berharap besar bahwa dia adalah Amel. Tapi hingga jam menunjukkan pukul 06.57 ia belum juga menemukan orang yang dicari. Sedikit frustasi, namun tak menyerah. Berlari mencari dan tetap menggenggam liontin pemberian Amel.
Menghela nafas panjang dengan mencari lagi hingga kemudian mata Radit menangkap sosok Amel. Dari kejauhan ia akan masuk ke ruang keberangkatan, menunjukkan tiket pada penjaga. Radit segera mengejar dan menerobos kedua penjaga dan lolos. Dia tarik sosok Amel.
“Amel akhirnyaaaa.....” dan ternyata bukan.
“Kamu siapa?” kesal wanita itu sembari menarik lengannya. Tak lama dua penjaga datang dan mengeluarkan Radit dengan kasar.
“Amel....” ucapnya dalam hati.
Terdengar sebuah pesawat tinggal landas. Radit melihat jam tangannya... jam itu kini menunjukkan pukul 07.04. Radit menatap langit dari dalam bandara, melihat pesawat itu.
“Kamu benar Mel, seharusnya aku tau kenapa kamu melepas Dirar. Kamu melepasnyaaa.....”

“Karena mencintaiku.
Dan aku mengejar kamu karena...
Aku mulai membutuhkanmu.
Amel.”
Bayangan Amel menghilang bersama pesawat yang tak lagi terlihat oleh mata Radit.
(Yutika Amelia Effendi)

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???