Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Tuesday, November 12, 2013

Changes

Pernah kutawarkan isi hatiku
Tuk redakan setiap luka hatimu
Pernah kuungkap tuk milikimu
Kau membisu apakah itu jawabmu

(Club 80s – Cinta dan Luka)

***

“Hmmm, club eighties lagi ya?” suara merdu itu bertanya padaku. Andai dia tahu betapa bahagianya aku ketika bersamanya. Masih tetap sama seperti dulu. Tak pernah ada yang berubah.
“Iya.” Jawabku singkat.
“Emang apa bagusnya sih, Ka? Itu kan lagu lama…”
Kamu nggak akan pernah tau apa bagusnya kalau kamu nggak lihat liriknya, Ta. Apa kamu tahu lirik itu sama dengan isi hatiku. Andai aku dapat mengatakannya.
“Ya suka-suka dong. Tiap orang kan seleranya beda-beda.” Ah, lagi-lagi hanya kata-kata ketus yang terlontar dari mulutku.
“Iya… Iya… Nggak usah marah gitu dong…” ia pun berlalu pergi, bersamaan dengan semilir angin. Andai kau tahu, Ta… betapa aku sangat menyayangi punggung itu. Tak ada yang lebih kusuka selain melihatmu berlalu.

***

Namaku Raka Pratama. Haha… betapa menyedihkannya aku. Aku jatuh cinta pada sahabat kecilku yang hanya menganggapku sebagai kakak laki-lakinya saja. Tidak lebih. Aku tak pernah menyangka aku akan terus menyayanginya setelah selama ini. Kami berteman sejak kami bertemu pada hari itu. Hari ketika semuanya berubah, dia hadir, bersamaan dengan hari dimana aku kehilangan semua yang aku punya. Hari itu, aku tak lebih dari seonggok kayu lapuk yang telah lama mati. Terdiam, terbuang.
“Hei, kenapa kamu sendirian disini?” Tanya gadis kecil yang entah sejak kapan telah berdiri di hadapanku. Aku menelitinya. Sepertinya dia bukan anak salah satu kerabatku. Aku tak pernah melihatnya. Aku tak mempedulikannya. Aku tetap terduduk lesu di bangku kayu taman itu. Terus meratapi nasibku yang tak kunjung membaik.
“Kamu sakit?” Tanya gadis itu lagi.
Kenapa dia terus menanyaiku hal-hal bodoh seperti itu. Aku saja tidak peduli pada keadaanku. Untuk apa dia peduli padaku, pada orang yang bahkan belum dikenalnya. Sungguh menjengkelkan gadis kecil ini. Apakah orang tuanya tidak mengajarkannya untuk tidak berbicara pada orang asing. Apalagi pada bocah ingusan sepertiku ini.
“Kenapa dari tadi kamu nggak jawab pertanyaanku sih? Jawab dong… Kamu bisa ngomong kan? ” Wajahnya mulai menapakkan ketidaksabaran.
Biar saja, aku tak ingin mengenal siapapun. Toh, pada akhirnya mereka hanya akan meninggalkanku saja. Sendiri, terluka karena kepercayaan yang telah mereka renggut dariku.
“Baiklah, kalau kamu nggak mau ngomong juga nggak apa-apa kok. Namaku…”
“Nggak butuh!” Sebelum ia menyelesaikan kalimatnya aku sudah memotongnya lebih dahulu dengan ucapan ketusku. Aku tidak butuh siapapun. Aku tidak mau mengenal siapapun.
“Wah, akhirnya kamu ngomong juga. Hore!!! Ah, besok kita ketemu disini lagi ya? Aku kan belum tahu namamu. Kamu juga belum tahu namaku kan?” Lalu ia pergi begitu saja. Rambutnya yang panjang tertiup angin kesana kemari. Benar kan, pada akhirnya semuanya akan pergi. Dan tak akan pernah kembali. Dia tak akan pernah menemuiku lagi.
Namun ternyata ia kembali ke tempatku keesokan harinya. Meski aku tak pernah mempedulikannya, ia tetap saja bercerita tentang dirinya. Namanya Rosita Luna Devi. Ibunya adalah seorang artis dan penyanyi terkenal. Ayahnya seorang pengusaha sibuk. Tak pernah ada waktu untuknya. Karena itu ia selalu bermain di taman ini. Taman yang menjadi rumah keduaku sejak beberapa hari lalu. Ia bersekolah di sebuah sekolah menengah pertama yang tak jauh dari rumahnya.
Entah apa yang sudah ia lakukan, namun aku serasa terhipnotis olehnya. Betapa senangnya aku tiap dia datang. Betapa aku senang mendengarnya bercerita. Dialah matahariku. Bahkan terkadang, aku bercerita tentang diriku padanya. Dia yang membantuku melalui semua masalahku. Aku kembali ke sekolah pun karenanya. Dia yang meyakinkanku untuk kembali kesana. Mungkin dia benar, bukan salahku peristiwa yang menimpa keluargaku terjadi.
Ya, aku sudah tak punya keluarga lagi. Mereka semua sudah pergi meninggalkanku satu bulan yang lalu. Ketika itu hujan turun sangat deras. Kami semua baru saja pulang dari sebuah tempat wisata di pegunungan. Jalan yang licin membuat ayah tak dapat mengendalikan laju mobilnya. Kami semua terjatuh ke jurang yang sangat dalam. Ah, bukan kami. Mereka. Hanya mereka yang terjatuh ke jurang itu. Aku tak pernah ikut dalam mobil itu. Aku sedang bersama teman-temanku kala itu. Bersenang-senag tanpa tahu apa yang terjadi pada keluargaku.
Air mata mengalir dari sudut mataku. Membentuk aliran sungai pada wajahku. Tiap kali hujan, aku tak dapat menahan ingatan itu untuk kembali muncul dalam pikiranku. Aku tak punya siapa-siapa lagi sejak saat itu. Aku tahu kerabat jauhku yang datang tak pernah benar-benar peduli pada apa yang telah menimpa keluargaku. Mereka semua tak pernah peduli. Mereka hanya peduli pada harta yang ayah tinggalkan untukku. Untung saja umurku sudah cukup sehingga aku tak butuh wali yang hanya haus akan harta ayah. Umurku 17 tahun sekarang. Aku sudah kelas 2 SMA. Karena itu tak ada yang dapat menghalangi niatku untuk tinggal sendiri dan menyimpan harta ayah untukku sendiri.
Ah, sudahlah. Toh, sudah 5 tahun berlalu sejak kejadian itu. Kini aku berkuliah di salah satu universitas ternama di Indonesia. Tahun depan aku sudah akan lulus dari universitas ini. Setidaknya itu harapanku. Aku sudah berkali-kali magang di beberapa tempat. Tapi belum ada satu pun yang menarik perhatianku. Aku tidak terlalu memikirkan tentang tempat dimana aku akan bekerja nanti. Tawaran kerja tak pernah berhenti memenuhi kotak e-mailku. Mungkin itu tidak berlebihan mengingat aku selalu mendapat nilai terbaik di seluruh mata kuliah.
Tahun ini Tata, panggilan akrabku pada Rosita, akan menjadi mahasiswa baru di kampusku. Aku masih ingat ketika ia memutuskan untuk menjadikan kampusku sebagai pilihan pertamanya. Betapa groginya ia ketika mendaftar langsung ke kampusku. Tingkahnya sangat lucu. Lalu ketika waktu ujian masuk sudah dekat, ia belajar mati-matian. Aku sangat suka melihatnya berjuang.
Kalian sekarang tahu betapa merananya aku, bukan? Bukannya aku tak pernah menyatakan cintaku padanya. Tiga tahun lalu aku pernah menyatakannya. Ketika aku baru menjadi mahasiswa di kampus ini.  Ketika ia baru disakiti oleh lelaki brengsek yang menjadi kekasihnya saat itu. Tapi ia hanya terdiam. Lalu ia menangis. Ia tak pernah memberiku jawaban apapun. Ia hanya terdiam, menangis, lalu pergi. Sejak saat itu aku tak pernah membicarakan masalah itu lagi.
Sekarang kami kembali seperti kami yang dulu. Kami dekat, sebagai sahabat. Sesekali orang-orang bertanya padaku apakah aku kekasihnya. Tapi aku selalu menyangkal. Tentu saja aku menyangkal. Aku hanya sahabatnya.

***

Pernah kukira ini tentang cinta
Oh ternyata hanya sahabat setia
Pernah kau minta bunuh cintaku
Kau membisu takkan pernah jawabku

***

Aku tahu yang di rasakan Raka. Aku tahu bagaimana perasaannya padaku. Aku juga tahu kalau selama 5 tahun ini ia masih terus menyayangiku. Ia memberiku kasih sayang dan perhatian melebihi rasa sayang seorang kakak terhadap adiknya. Aku tak pernah menyalahkannya. Aku pun tak pernah memintanya berhenti melakukan itu. Karena aku menyukai kasih sayang dan perhatian yang ia berikan padaku. Aku tahu aku sangat egois. Ia pernah menyatakan cintanya padaku. Namun aku tak pernah berkata apa-apa. Aku tak mau merusak semuanya. Semua yang telah berusaha kujaga. Aku menginginkan semuanya tetap begini. Tetap begini seterusnya. Aku takut aku akan kehilangan Raka jika semuanya berubah. Aku tak ingin kehilangan Raka. Mungkin akan lebih baik jika aku benar-benar menjadi adiknya. Karena ikatan itu akan berlangsung selamanya sampai aku mati.
Aku hanya perlu menghilangkan rasa cinta Raka padaku. Itu pikirku. Pernah suatu kali aku berkata seperti itu padanya. Aku tak akan melupakan hari itu.
Matahari bersinar dengan teriknya. Angin di taman hari itu berhembus sepoi-sepoi. Benar-benar kombinasi yang tepat. Mungkin karena panas matahari, entah kenapa aku tiba-tiba mengatakan hal itu.
“Raka, aku mohon berhenti mencintaiku.” Mataku menatap lurus ke mata Raka. Mencari-cari jawaban yang akan ia katakan padaku. Bola matanya sungguh indah. Matanya yang berwarna hitam kelam itu seolah menyimpan misteri dan kepahitan masa lalunya.
Raka hanya tersenyum mendengar permintaanku. Senyuman itu menyayat hatiku. Senyum yang mengisyaratkan bahwa ia sudah tahu, ia mengerti bahwa suatu saat aku akan mengatakan hal ini padanya. Kukira ia tak akan menjawab pertanyaanku, tapi ternyata ia membuka mulutnya dan mulai berbicara.
“Tata, kalau aku harus berhenti mencintaimu, itu berarti aku harus membunuh semua cinta yang aku punya. Aku harus membuang semuanya jauh-jauh sehingga cinta itu tak akan pernah lagi menghampiriku. Padahal manusia hidup untuk mencintai dan dicintai. Apa kau tahu artinya manusia yang tidak memiliki cinta? Artinya ia sama dengan mati. Tapi bila itu keinginanmu, aku akan melakukan apa saja untuk memenuhinya. Karena hanya kaulah satu-satunya alasanku untuk hidup di dunia ini.”
Aku tertegun mendengar penuturannya. Aku tak pernah menginginkan Raka menghilang dari dunia ini. Aku ingin dia terus hidup. Aku ingin dia menemukan kebahagiaannya sendiri.
“Tenang, Ta. Aku tidak akan pernah memaksamu untuk mencintaiku. Kau boleh tidak mempedulikanku dan cintaku bila itu hanya menjadi beban untukmu. Aku tahu kau tak mencintaiku. Tapi berada disisimu saja sudah cukup untukku. Tak apa bila kau pada akhirnya nanti menemukan kebahagiaanmu sendiri. Walaupun itu bukan aku.”
Aku tahu itu. Aku tahu itu, Ka. Maafkan aku.
Pada akhirnya aku menemukan seseorang dalam hidupku. Aku tak menyalahkannya bila ia cemburu pada Raka. Tapi aku selalu mengingatkannya bahwa Raka sudah kuanggap sebagai kakak laki-lakiku sendiri. Hanya seorang kakak. Tidak lebih. Tidak pernah lebih.

***

Semua yang kurasakan tak mungkin dapat kuhapuskan
Walau kau bersamanya menjalinkan kisah nyata
Dan terluka…

***

Aku tahu suatu saat ini akan terjadi. Tata akhirnya memilih seseorang untuk menjadi pendampingnya. Tidak. Bukan pendamping. Hanya seorang kekasih. Tidak lebih.
Aku tak pernah bisa berhenti mencintainya. Bahkan sampai saat ini. Ketika ia memperkenalkan kekasihnya padaku. Andai ia tahu betapa sakitnya hatiku melihatnya bersama lelaki itu.
Setiap ia bersamaku ia selalu bercerita padaku betapa ia sangat menyayangi kekasihnya. Ia bercerita ketika mereka sedang pergi berdua. Kenangan-kenangan mereka ketika sedang pergi ke tempat wisata. Ketika mereka makan berdua. Hampir semuanya. 
Ia pun pernah sekali waktu bercerita bahwa kekasihnya itu pernah melukainya. Bukan secara harfiah. Hanya saja lelaki itu adalah orang yang supel. Ia mengenal banyak orang. Baik laki-laki maupun perempuan. Mereka sesekali bertengkar karena Tata tidak suka melihat lelaki itu terlalu dekat dengan teman wanitanya. Apabila Tata sudah berkata seperti itu, lelaki itu selalu membuat keberadaanku sebagai alasannya.
Tapi setelah beberapa lama mereka berdua kembali seperti biasa. Tata tetap bertahan. Ia tetap mencoba bersabar karena ia sangat menyayangi lelaki itu. Walau mereka sering bertengkar, namun mereka tetap menyayangi satu sama lain. Mungkin karena keceriaan Tata yang mampu mencairkan suasana. 
Ah, betapa beruntungnya lelaki itu. Tidak, seharusnya aku bersyukur karena Tata masih ada disini. Selalu bersamaku. Aku tidak peduli ia mencintai siapa. Aku sudah cukup senang bisa selalu disisinya.

***

Setiap tetes airmata
Selalu kau menangis di pelukku
Namun setiap saat kau bahagia
Selalu kau memilih bersamanya

***

Aku tahu aku jahat. Amat sangat jahat. Aku selalu bercerita pada Raka tentang Diaz. Ketika kami bersama. Ketika kami bahagia. Aku tahu aku menyakitinya dengan menceritakan itu semua. Aku hanya ingin ia tahu bahwa aku sudah menemukan kebahagiaanku sendiri. Aku ingin ia menemukan kebahagiaannya. Aku ingin ia melupakanku. Tapi sepertinya ia tetap bertahan. Ia tidak berubah.
Mungkin Raka menyadarinya. Setiap kali aku bermasalah dengan Diaz, aku selalu datang padanya dan bersenang-senang bersamanya. Aku dapat melupakan masalahku dan Diaz apabila aku bersama Raka. Ia selalu membantuku melalui masa-masa sulit dalam hidupku. Seperti ketika kedua orang tuaku berpisah. Raka lah yang selalu ada untukku.
Tapi lagi-lagi karena keegoisanku, setiap saat ketika aku bahagia bersama Diaz, aku selalu melupakan Raka. Aku tak mengingatnya sedikitpun.
Naif memang kalau aku memungkiri rasa cintaku pada Raka. Tapi aku tak dapat melepas Diaz. Diaz sangat bertolak belakang dengan Raka. Diaz adalah orang yang supel, ramah, dan baik hati. Tak seperti Raka yang pemurung, dingin, dan pendiam. Tapi mereka berdua sama. Mereka sama-sama mencintaiku. Karena itu aku tak dapat melepas keduanya.

***

Pernah terpikir tuk tinggalkanmu

***

Mungkin aku sudah tak tahan dengan ini semua. Aku tak dapat lagi berdiri di samping Tata dan melihatnya berbahagia. Mungkin aku sudah bosan hanya dapat melihatnya dari jauh. Mungkin…
Aku hanya berandai-andai. Aku tetap tak bisa melepasnya. Tapi bila itu semua bisa terwujud, dapatkah aku bertahan hidup tanpa Tata? Aku tak bisa membayangkan jauh darinya. Dialah matahariku. Dialah hidupku. Tapi mungkin keberadaanku hanya menjadi beban baginya. Aku tahu tak seharusnya aku terus berada disini dan mengusik kebahagiaannya. mungkin bila aku pergi, dia akan lebih bahagia. Mungkin bila aku pergi, dia tidak akan memiliki masalah apapun dengan kekasihnya. Ya, mungkin. Mungkin sebaiknya aku pergi.

***

“Raka, kau benar-benar akan pergi?” aku tak kuasa menahan tangis.
“Ya, Tata. Memang ini yang selalu kau inginkan, bukan?” balas Raka sembari tersenyum lembut. Ada ketenangan dan kesedihan yang bercampur aduk di matanya.
“Tapi… aku akan sendiri tanpamu.”
“Masih ada Diaz yang akan menjagamu. Kau akan baik-baik saja tanpaku.”
“Tapi kau akan berada di belahan dunia yang lain. Kita akan terpisah sangat jauh. Aku tak mau berpisah denganmu Raka. Kau kakakku. Aku tak bisa tanpamu. Diaz tidak akan bisa menggantikan tempatmu.”
“Kalau begitu sediakan tempat untukku saat aku kembali nanti. Sepuluh tahun akan terasa sangat cepat bila kau sibuk seperti aku. Aku akan mencari kebahagiaanku sendiri, Tata. Bukankah kau yang menyuruhku mencarinya?”
Raka benar. Aku lah yang menyuruhnya menemukan kebahagiaannya. Tapi aku tak bisa tanpanya. Egoku tak mengijinkannya pergi.
“Memang. Tapi kau kan bisa mencarinya disini. Jangan jauh dariku.”
“Tata, aku tak akan bisa menemukannya bila aku masih berada di dekatmu. Kau tahu itu kan? Aku akan selalu mendoakan kebahagiaanmu dari sana. Aku tidak akan pernah melupakanmu.”
Baik, aku mengerti. Egoku tidak akan selalu menang. Biarlah. Aku akan mengalah.
“Jaga dirimu, ok? Promise me you’ll be back.”
I will. I never hope it’s a good-bye. I hope it’s just a long see you later.”
Then, see you.”
Bulir-bulir air mata jatuh perlahan di pipiku. Raka menghapusnya. Aku akan amat sangat merindukan belaian lembut tangannya. Sepuluh tahun bukanlah waktu yang sebentar. Paling tidak Raka akan mendapatkan sesuatu disana. Dia di tawari pekerjaan di Amerika Serikat karena nilainya yang terlampau bagus. Bagaimanapun aku berusaha aku tak akan pernah bisa mengejarnya. Aku hanya akan menjadi bebannya bila aku terus menghalangi mimpinya. Aku tak ingin menjadi bebannya lagi. Inilah saat-saat yang selalu ku nantikan namun juga ku takutkan. Saat dimana waktunya akan mulai bergerak dan ia akan pergi dari sisiku.

***

Mengapa Kau Bersedih
Saat Cinta Pergi
Biarlah Saja
Bila Semua Harus Terjadi
 
Hidup Bukan Sampai Disini
Waktu Terus Berjalan
Yakinlah Ada Bahagia
Yang Akan Kau Rasa Dalam Hidupmu
 
dan Tersenyumlah Sayang
Lepas Semua Pedih Di Hati
Karena Cinta Masih Ada
dan Slalu Ada
Oh Percayalah
 
Kadang Cinta Tak Berhati
Sering Menyakiti
Tapi Cinta Yang Sejati
Meski Tlah Pergi
Kan Datang Lagi
 
Jangan Kau Tutup Hatimu
Raihlah Bahagia Hidupmu
Karna Cinta Pasti Ada
dan Slalu Ada
Oh Percayalah

(Tere - Tersenyumlah)

***

“Raka, stay awake or you’ll miss the party.” seseorang membuyarkan lamunanku.
Anna, teman sekampusku dulu. Ah, tidak terasa kini aku sudah kembali ke tanah kelahiranku tercinta. Dari tadi rasanya benakku kembali ke dalam ingatanku 15 tahun yang lalu. Hari ketika aku pertama kali bertemu sahabat baikku, Rosita.
Rosita kini telah menjadi seorang model papan atas dan penyanyi terkenal. Ia sudah berkeluarga sekarang. Hari ini anak pertamanya akan merayakan ulang tahunnya yang kedua. Mungkin ini benar-benar saat yang tepat untuk kembali. Bukan kembali ke sisinya. Hanya kembali, untuk memenuhi janjiku. Aku telah menemukan kebahagiaanku sendiri sekarang. Kami berdua telah menjadi seseorang.
“Raka?” panggil seseorang. Suara itu. Suara yang selama ini kurindukan.
“Ya. Apa kabar Rosita?” jawabku tenang. Ia sedang menimang sesosok bayi mungil. Wajahnya sungguh tampan, tapi lembut seperti ibunya.
“Ternyata benar kau Raka. Aku melihatmu melamun dari tadi. Aku kira kau teman suamiku.”
Suamiku. Ulang Raka dalam hati.
“Tak apa. Kita sudah 10 tahun tidak bertemu. Aku tak menyalahkanmu bila kau tak mengingatku.”
“Haha… iya ya. Ah, betapa tidak sopannya aku. Mari kuperkenalkan dengan anggota keluargaku yang lain.”
Ia lalu memperkenalkanku pada suaminya, pada anak pertamanya, dan pada bayinya. Tanpa kami sadari, kami telah berbicara banyak mengenai kondisi kami masing-masing selama 10 tahun ini. Lalu mataku tertuju pada seorang gadis yang duduk sendirian di meja paling ujung di ruangan itu. Ah ya, karena asyiknya mengobrol bersama Rosita aku sampai lupa memberitahukan sesuatu yang paling penting padanya.
“Rosita…” ia berhenti bercerita. Ia memandangku heran.
“Kenapa, Ka?”
“Aku lupa memberitahumu sesuatu.” Aku segera berjalan menyusuri ruangan. Menuju ke tempat dimana gadis itu duduk.
Gadis itu hanya terdiam sembari memegang gelas berisi wine. Gadis itu amat cantik, rambut tembaganya yang ikal terurai lembut di bahunya. Kulitnya yang putih terlihat begitu berkilau. Ia sempurna di mata Raka. Gadis blesteran Belanda-Indonesia itu menoleh ketika Raka memanggilnya.
“Anna.”
What’s wrong, honey?” 
Ya, dia adalah kekasih Raka yang tidak lama lagi akan menjadi pendamping hidupnya. Di Amerika Raka bekerja di salah satu perusahaan ternama. Ia tidak menyangkan akan bertemu dengan mantan teman sekampusnya ini. Mereka pun memulai persahabatan yang manis di negeri paman Sam. Sepuluh tahun ternyata cukup meyakinkan Anna untuk menjadi pengantin Raka. Mereka bertunangan 3 tahun yang lalu.
“Rosita, ini Anna, calon istriku.” Senyum lembut itu kembali mengembang di wajahku. Hanya saja, kali ini senyuman itu hanya kutujukkan pada Anna.
“Anna, ini Rosita, sahabat karibku.”
Mereka berjabat tangan. Seketika itu juga atmosfir berubah hangat di antara mereka berdua. Mungkin mereka dapat menjadi sahabat baik, pikirku.
“Rosita, kalau kau tidak keberatan aku ingin kau datang ke pernikahanku lusa.”
Tinggal 2 hari lagi, maka semua penantianku berakhir. Aku akan memiliki semua yang aku butuhkan. Lalu aku akan menetap di Indonesia. Aku ingin anakku nanti mengenal tanah kelahiranku. Tanah yang telah membesarkanku menjadi seseorang seperti saat ini. Aku yang telah belajar berbagai macam pengalaman hidup. Tentang pahitnya kehidupan, indahnya cinta, manisnya persahabatan, dan sakitnya perpisahan. Semua itu aku temukan di tanah ini. Semua itu aku lalui disini. Bersama Rosita, sahabat karibku.
“Aku akan datang, Raka. Ini momen terpenting dalam hidupmu. Aku tak akan pernah melewatkannya.” Rosita tersenyum senang. “sekarang, aku hanya perlu memperlihatkan foto-foto lucumu dulu pada Anna. Hahaha…” Rosita menarik tangan Anna dan tertawa senang.
Ah, tidak. Aku lupa Rosita memiliki banyak kenangan memalukan yang tidak seharusnya ia simpan. Gawat.
“Tata!!! Jangan perlihatkan pada Anna. Bisa malu setengah mati aku.” Aku menggaruk kepalaku. Tata, panggilan itu keluar begitu saja dari mulutku. Sudah lama sekali sejak terakhir kali aku memanggilnya dengan nama itu. Aku menyesal tidak dapat menghadiri pernikahannya dengan Diaz 5 tahun yang lalu. Padahal itu momen terpenting baginya. Dia hanya mengirimiku kartu pos yang berisikan cerita tentang pernikahannya dan fotonya dengan Diaz menggunakan gaun pengantin. Betapa cantik Rosita saat itu. Rambut hitam legamnya yang panjang bergelombang digelung ke atas memebentuk sanggul dengan kepangan yang dililitkan di sekeliling kepalanya dan dihiasi dengan bunga-bunga. Indah sekali.
Semuanya telah berubah sekarang. Aku berubah. Rosita berubah. Sekelilingku pun perlahan-lahan mulai berubah. Perubahan yang kurasakan mulai membawaku ke arah yang lebih baik. Aku memiliki pekerjaan tetap yang aku sukai. Aku memiliki orang yang aku cintai. Dan sekarang aku menemukan kembali sahabat karibku yang telah lama aku tinggalkan. 
Betapa bahagianya aku akan perubahan yang kurasakan sekarang. Aku tak akan pernah takut lagi pada perubahan. Karena kita hidup di dunia dengan waktu yang terus berputar. Apabila kita tetap berada di satu tempat yang sama, maka waktu akan melewati kita dan membawa semua kenangan indah yang mungkin akan kita rasakan. Kita hanya perlu mencoba untuk merubah diri sendiri ke arah yang lebih baik. Maka semua pun akan mengikuti kita berubah menjadi lebih baik.

***

Aku tak menyangka hari ini akan datang juga. Hari dimana aku akan melihat Rakaku berdiri di pelaminan. Lagu The Fray - Happiness mengalun memenuhi ruangan itu. Nadanya agak suram untuk acara seperti ini menurutku. Tapi apa boleh buat, itu request langsung sang mempelai pria.
Ruang pesta itu tak semewah yang kubayangkan. Semuanya terlihat begitu sederhana. Minimalis tetapi lembut. Ruang itu di buat sedemikian rupa sehingga terlihat begitu simpel. Mengambil nuansa coklat muda, benar-benar memancarkan aura Raka. Tenang dan lembut.
Raka berubah banyak sekarang. Ia lebih gagah dan lebih tinggi dari yang kuingat 10 tahun lalu. Ia semakin tampan saja. Aku hampir saja tak mengenalinya. Ia bukan lagi bocah ingusan yang pendiam seperti waktu itu. Ia terlihat lebih ceria sekarang. Mungkin Anna membawa banyak pengaruh baik padanya. 
Mereka terlihat sangat sempurna bersanding di pelaminan. Aku tidak terkejut Raka dapat memperoleh mempelai wanita secantik dan seanggun Anna. Ia berhak mendapatkannya.
Acaranya berlangsung sangat khidmat. Semua berjalan lancar. Ah, akhirnya Raka menemukan orang yang benar-benar dicintainya. Aku tahu itu bukan aku. Aku bukanlah orang yang ia cari. Aku bukan orang yang ia butuhkan.
“Jangan melamun. Nggak baik loh.” Diaz menegurku lembut.
Haha… aku sampai lupa bahwa aku masih menggenggam piring kecil berisikan pudding coklat. Baru separuh ku makan. Kuletakkan piring itu di meja terdekat. Aku sudah tidak ingin memakannya.
“Diaz, kita dipanggil untuk berfoto.” Aku menunjuk ke arah orang yang memberi pengumuman. Rupanya lagu itu sudah berhenti dari tadi. Aku sampai tidak menyadarinya.
Aku berdiri di samping Raka. Perbedaan tinggi kami benar-benar terlihat. Kepalaku hanya sampai sebahunya. Dia sudah tumbuh menjadi pria dewasa. Kenapa aku tidak menyadarinya lewat foto-foto yang sering ia kirim?
Walau selama 10 tahun ini kami tidak pernah bertemu secara langsung, kami masih berhubungan lewat telepon atau kartu pos. Terimakasih untuk teknologi. Tanpa itu mungkin kami hanya akan berkirim surat tanpa pernah mendengar suara kami satu sama lain. Itu pun akan memakan waktu banyak karena ia berada di belahan dunia yang lain.
Ah, aku melamun lagi. Sudahlah, ayo lihat ke kamera. Eh, tapi sebelum itu…
“Raka, aku mencintaimu. Aku selalu mencintaimu.” Aku berbisik lembut di samping Raka. Semoga ia mendengarnya. Aku hanya tak mau merusak pernikahannya hanya karena salah paham dari kata-kataku ini.
“Aku juga mencintaimu, Ta. Aku selalu mencintaimu, adikku. Dan selamanya aku akan selalu mencintaimu. Bukan begitu?” 
Raka selalu paham apa yang aku maksud. Ya, aku mencintainya. Aku mencintainya sebagai kakakku dan sebagai sahabatku. Cinta ini telah tumbuh sejak pertama kali kami bertemu, hanya saja dulu Raka salah mengartikannya.
“Yup. Kau benar, kakakku tersayang.”
Aku merangkul lengannya yang besar. Hmmm, bau yang kurindukan. Aku selalu menyukai harum tubuhnya. Entah itu parfum ataupun memang harum tubuhnya yang asli. Harumnya manis dan lembut. Persis Raka.
Lalu,“Jepret!!!” Foto kami berempat pun terekam dalam sebuah kamera yang berada di bagian bawah panggung mempelai. Ah, kenang-kenanganku untuk masa depan. Ketika kami telah sama-sama memiliki cucu nanti, aku ingin dapat bertemu dengan Raka sekali lagi dan mengenang semua yang telah kami lalui bersama. Rasanya terlalu indah dan terlalu pedih untuk dilupakan. Semua perjalanan hidup, pelajaran yang diberikan Raka untukku. Aku tak akan pernah melupakannya. Semua itu adalah kenangan yang paling indah untukku.

***

Aku tahu aku masih menyayangi Rosita. Karena aku mencintainya. Aku mencintainya sejak pertama kali kami bertemu. Cinta ini tak akan pernah padam. Cinta ini hanya berganti. Cinta ini berubah seiring dengan bergulirnya waktu. Cintaku padanya sudah tidak sama dengan cintaku yang dulu. Aku mencintainya sebagai adikku dan sebagai sahabatku. Aku dapat menerimanya sekarang.
Rosita adalah orang yang terpenting dan orang yang paling berharga bagiku. Dia yang mengajariku segalanya. Dia mengajariku untuk bangkit dari semua masalah yang kuhadapi. Aku menjadi orang yang tegar karenanya. Lalu dia mengajariku untuk belajar mempercayai orang lain dengan membiarkanku bercerita tentang semua rahasia hidupku padanya. Aku pun menjadi orang yang ramah. Dan ia juga mengajariku tentang mencintai seseorang tanpa mengharap balas. Aku yang kemudian mencintainya setulus hatiku. Aku yang selalu mendoakan kebahagiaannya. Aku yang selalu menjaganya. Aku yang selalu ada di saat dia terluka. Aku tak pernah meminta balasan apapun. Aku hanya ingin melihatnya bahagia. Karena mencintai Rosita, aku menjadi orang yang lembut dan penuh kasih sayang. 
Aku belajar bahwa hidup bukan hanya tentang pahit dan derita. Di balik semua itu tersimpan sejuta keindahan yang akan muncul ketika kita berusaha melalui semua penderitaan itu. Kini aku telah menemukan kebahagiaanku. Selamanya, berada di sekeliling orang yang aku cintai dan mencintaiku. Selamanya.
  
*Tamat*
(Fiandra Fatharany)

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???