Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, November 20, 2013

Setabur Bunga untuk Rika

Saturday,  Oct 2009
Aku adalaha seorang bocah kecil berumur 15 tahun yang sekarang menduduki takhta “anak kelas XI IA 7”. Cukup mengagetkan juga bila anak berumur 15 tahun telah menempuh lebih dari 11 tahun dibangku sekolah. Namaku Muhammad Deon Syahyuda, teman-temanku memanggilku cukup dengan nama “Yuda”. Aku tak minder walau aku adalah siswa termuda dikelasku. Karena seharusnya aku adalah adik kelas dari teman temanku. Cukup itu saja mungkin perkenalanku, yang lain nyusul dahh…  
  Cuaca hari ini sungguh tak bersahabat denganku, pagi hari matahari yang cukup cerah menyinari ujung jendelaku. Namun saat jam bergerak menuju jam 11 alam mulai menunjukkan geliatnya. Dimulai dengan awan awan kecil yang menutupi sejumlah area langit yang tampak biru. Semakin lama semakin penuh dengan awan hitam. Seketika kompetisi band yang diselenggarakan sekolahku sedikit terganggu .
“andaikan aku bisa main bass kaya gitu, wah enak juga ya???” begitu kalimat yang tersirat dibenakku saat Rheo bermain bass di panggung . Rheo adalah salah satu teman dekatku yang handal memadukan jari dan bass string. “sayang sekali aku hanyalah seorang murid tanpa keahlian, tapi ga apa lah yang penting aku udah usaha buat punya keahlian, ya kan Dik?” “Iya Yud, walau kau tak punya keahlian, tapi kau udah beruntung bisa sekolah gini. Kau lihat aja deh temen temen kita yang ga bisa sekolah cumin gara gara uang Negara dikorupsi” Dika menjawab keluhku. “Wah wah wah… lu sekarang jadi pemerhati rakyat kecil, Dik???” “Ya donk, kasian tuh nasib adik adik kita.” 
Tak terasa percakapanku dengan dika membuat jarum jam seakan mendapat katalis. “Pukul 4 sore!!! Aduuh aku belum mandi + ganti baju buat nanti malam nih, Dik!! Aku harus cabut sekarang.” “Ya udahlah cepetan sono pulang, persiapkan buat nanti malam.” “oke dah, Bro! dah…” Bergegas saja aku menghapiri tempat parkir. Dengan sedikit paksaan kupacu motorku sampai kecepatan 100km/jam. Kelajuan terbesar yang pernah kucapai. 
Ditengah aku berupaya untuk sampai sebelum setengah 5, seekor kucing hitam legam bermata biru tiba-tiba nyelonong masuk badan jalan. Mau ngga mau terpaksa deh aku gunain. “Dasar kucing buta!! Pantes aja matanya biru. Kalo mau lewat tu ngomong-ngomong dulu kek atau paling ngga ngasih sirene gitu.” Agak gila juga ya kalau kucing mau nyebrang jalan ngasih sirene dulu. Yah sudah lupakan masalah itu. selesai melewati sang kucing, datang lagi tuh masalah. Kali ini masalah sama polisi. Ya, apalagi kalau bukan ada operasi SIM dan kawan-kawan. “Duh,, nih polisi sialan ngapain berentiin ? orang lagi buru-buru juga… kalau ga punya duit jangan nyusahin orang dong..” umpatku dalam hati.
“Selamat sore!” Pak polisi memulai percakapan bodoh denganku. “Sore, Pak!” “Bisa ditunjukkan SIM dan STNK nya, Nak??” untungnya aku udah dibuatin SIM sama bapakku, walaupun itu SIM hasil nyuap salah satu polisi yang mengurusi perSIMan. “ada, Pak.. Sebentar” Kubuka dompet kecilku seraya mengambil satu kartu mirip kartu kredit yang orang-orang menyebut itu SIM serta STNK. “Sudah, silahkan melanjutkan perjalanan. Selamat Sore!” Sang polisi akhirnya mengakhiri percakapan ini. “Sore juga, Pak!”  Segera aku memacu motorku menuju rumahku tercinta.
Jam dinding yang bisu mengirimkan pesan singkat padaku yang isinya adalah sekarang jam menunjukkan pukul 17.15. “aduhh.. udah sore banget,, harus cepet nih..” Langsung saja aku masuk kamarku dan langsung kulepas semua pakaian lalu masuk kamar mandi. “Seger bener mamen…. Enaakkk!” Lima menit berlalu untukku mandi. Sesegera mungkin aku menuju ruang untuk menjemur pakaian. Aku mencari kaos bertuliskan “COMAPTU”, kaos kelas yang berharga 70ribu rupiah itu. kulempar satu persatu baju yang bertumpuk tumpuk bagai gunung merapi yang ingin meledak.  “Ga ada!!! Aduuh gimana nih?!!! Aku harus dating jam setengah tuju lagi??” 
Setelah sekian lama mencari-cari akhirnya sang baju tertemukan di kumpulan baju lainnya. “Ini dia yang kucari, yang kunanti…” cepat cepat kumasukkan sang kabel setrika ke stop kontak terdekat. 5 menit waktu yang kubutuhkan untuk menyelesaikan baju yang ku setrika. “Daripada nanti disana kelaparan, mending aku makan dulu deh dirumah.” Jam berdering 6 kali menunjukkan waktu pukul 6. Cepat cepat ku gapai Honda Supra X 125 ku di garasi. Dengan waktu 30 menit aku harus sampai ke sekolah yang berjarak 15 Km. 
“Muke gilee… 30 menit harus sampe ke sekolah??? Ga apalah.. harus bisa nyampe sebelum jam 19.15 demi dapet gratisan nonton konser nanti.” Rekor yang baru saja kucapai tadi sore sekarang terpecahkan sendiri olehku yang melesatkan motorku dengan kecepatan 110 Km/jam. “J-Rocks!  J-Rocks!  J-Rocks!” aku menyemangati diriku sendiri agar aku bisa menonton konser J-Rocks yang memeriahkan Dies Natalies sekolahku. Tepat pukul setengah tuju malam aku memarkir Supra X tercinta. Dengan memegang kartu khusus untuk siswa siswi SMAN 1 Palangkaraya aku melangkah pasti menuju pintu masuk lapangan sekolah. 
“Yeaahh!! Akhirnya aku sampai juga..” sesaat setelah aku berkata seperti itu, Baim dan Dika  menghampiriku, “Yud, gmana?? Kau sudah tersentuh air??” Dika melontarakan pertanyaan padaku. “Jelas udah mandi donk, Dik?! Masa udah wangi gini aku belum mandi??? Lu sendiri ntar nonton sama siapa, Im??” “Ah. . .  kalo aku sih, gampang-gampang aja ga perlu deh ngajak siapa-siapa nanti aja pas J-Rocks main aku ngajak kenalan cewek secakep Nia Ramadhani” “Muke Gile lo, Im!!!” Aku dan Dika menyahut. Jangan gitu lah, Bro! jelek-jelek gini aku kan kaya si Afgan.” “Afgan mata lu peang, Im?? Orang kambing tetanggaku aja belum tentu mau sama lu?!” “Hehehehe iya sih.. tapi ga apalah, nanti pasti ada sendiri yang mau sama aku…” Baim membalas dengan nada yakin. 
Jam 7 malam suara MC mulai menggema di seluruh lapangan sekolah. “Eh,, tuh udah dimulai acaranya… “ Dika mengalihkan pembicaraan kami. “Iya kelihatannya si Nina sama Nino yang jadi MC.” Aku mencoba masuk dalam pembicaraan. “Bener tuh,, mereka kompak banget ya?? Saudara kembar yang sama-sama berpotensi.” Baim melengkapi pembicaraan kami bertiga. “Selamat sore temen-temen semua !!! masih semangat, ngga?!!!!!”  Suara Nina menggemparkan suasana.  “Masih!!!” sahut teman-teman. “Kalian pada ngga sabar kan nungguin Drive??? Oke deh dari pada nglamun nunggu Drive, kita dengerin dulu deh lagu dari temen kita , Whiteboard band!!!” 


Tak lama Whiteboard membawakan lagu-lagu yang cukup menghibur, berderinglah ponselku tanda ada satu sms masuk. Benar saja sms itu dari Rika, salah satu teman dunia mayaku yang memang ku ajak dia untuk dating ke sekolahku. “Akhirnya yang saat yang kutunggu dating juga.” Sambil tersenyum ku gerakkan kakiku menuju pintu masuk. Karena Rika menunggu di depan pintu masuk.  “Hai, Rika ya??” “Iya, Rika.” “Tadi dianter siapa, Ka?” “Anu, dianter ayah, Yud” “Oh, ya sudah ayo kita masuk ke dalam.” Sambil tersenyum ku genggam tangannya dan ku tuntun masuk ke dalam lapangan. 
Setelah masuk dan bercakap-cakap dengan Rika, akhirnya yang ditunggu-tunggu datang. Ya, benar Drive, yang diawali dengan ‘Tak terbalas’. Penonton bersorak sorai, ada yang saling gendong, ada yang melonjak-lonjak bagai cacing kepanasan, lapangan SMAN 1 Balikpapan begitu penuh dengan kegembiraan. Begitu pula hatiku yang sedang musim semi. “Bagus ya permainannya Drive, Rik?” aku mengawali pembicaraan yang sempat terpotong. “Iya, aku menikmati banget, Yud..” “Kamu haus, Rik?” “Emh.. Ngga kok, Yud.. Aku ngga haus.” “Kita nyari minum di stan-stan itu yuk, Rik?” “Iya deh,, tapi kamu yang bayarin ya??” “Beres neng…” balasku dengan nada meyakinkan.
Kami masuk ke salah satu stan makanan dan minuman yang ada di lapangan. “Mau pesen apa, Rik?” “Emh.. apa ya?? Enaknya apa dong?” “Kalo menurutku sih es merah hati aja deh,, kelihatannya kan menarik.” “Iya deh,, pesen itu aja.” Sambil mendengarkan alunan musik dari Drive, kami dikagetkan dengan pelayan yang mengantarkan segelas es yang kami pesan tadi. Benar saja sang es sangat menarik hati karena warnanya yang merah hati ditambah lagi taburan bubuk strawberry berbentuk hati di atas airnya. “Diminum tuh, Rik.. kan enak kalo masih dingin..” “Kamu juga dong, Yud.. Yang bayar kan kamu. Masa yang bayar ngga minum?” 
Sayup sayup terdengar suara irama lagu yang kukenal dari dalam stan. “pasti ini wanita terindah, wah pas nih… Disini, saat lagu ini harus kulancarkan rencanaku yang sudah ku rancang sedari tadi.” Aku berkata dalam hatiku untuk memantapkan niatku untuk menembak Rika. “Tuh kan, Rik.. Es nya menarik banget? Warnanya merah bikin bergairah buat minum, gelasnya bentuk hati, ada bubuk strawberry diatasnya lagi. Pas banget sama suasana hatiku yang lagi merah dan berbunga” “Berbunga? Emangnya ada apa, Yud??” Rika membalas pernyataanku. “Karena ada kamu, Rik…” “Aku???? Kamu lagi ngelantur ya??” “Ngga, Rik. Aku beneran… Sejak pertama aku ngenal kamu di Facebook, aku ngerasa kamu tuh yang pantes buat aku. Kamu manis, perhatian banget sama aku, kamu wanita terindah yang pernah aku temui. Aku harap bersama lagu wanita terindah yang sekarang lagi dinyanyikan ini, Rik, kamu mau jadi pacarku.” “Pacar?? Yang bener aja?? Aku .. Aku.. Aku... udah ngga tau mau bicara gimana lagi.” “maksud kamu, Rik???” “Aku ngga tahu mau ngomong gimana lagi karena aku juga sayang sama kamu, Yud!!” “Jjjadi kamu mau sama aku??” Jawabku sambil tersenyum lebar. “Iya Yud…” “Yesss!!!! Makasih ya Rik!! I love you!!” 
Malam itu pun menjadi malam puncak acara ultah sekolahku sekaligus malam terbaik bagiku. Kami mulai bergoyang mengikuti irama musik dari Drive, hentakan ke kiri dan ke kanan, intinya adalah malam itu adalah Party time. Melepas penat dalam fikiran, semua tentang pelajaran dihilangkan terlebih dahulu dan mulai menikmati suasana. 
Detik-detik berlalu dengan kebahagiaan kami, sampai tak terasa Drive membawakan lagu terakhir berjudul ‘Bersama bintang’. Hal tersebut menandakan berakhir pula acara malam puncak DN sekolahku. Aku dan Rika mulai berjalan pulang ke rumah kami masing-masing. Bersalaman tangan dengannya buatku seakan melayang jauh diangkasa. Tak pernah aku membayangkan bisa bersalaman dengan gadis secantik Rika. 
“Selamat malam, Rika. Hati-hati ya di jalan.” Sambil tersenyum kulempar kata-kata tersebut. “Iya Yud.. Aku pulang dulu ya??” senyum manisnya mengembang membalas senyumanku. Tak mau aku kehilangan moment-moment bersama Rika, terus ku lihat dan ku pantau ia sampai ia dan motornya tak terlihat olehku. Setelah benar-benar tak terlihat, aku melangkah menuju motor kesayanganku. “Ayo sayangku kita pulang!!” aku berkata pada motorku. 
Sesampai aku dirumah, badanku sudah tak kuat menahan kantuk yang melanda kedua mataku. Ku taruh helm di atas rak sepatu, kulempar sepatu yang tadi kupakai. Sampai juga aku dipenantian mataku, yaitu tempat tidur. “Hoahmmm. . . Duh, ngantuk banget… “ Kurebahkan tubuhku dan kupejamkan mataku, tak sampai 5 menit aku sudah terlelap dalam indahnya tidurku. 
Ayam jantan yang kupelihara berkokok keras, tanda pagi hari tlah menyapaku dengan sedikit udara dingin. Cepat-cepat kuraih HP ku yang kuajak tidur bersamaku, berharap ada sebuah sms dari Rika. Benar saja ada sebuah sms, namun bukan dari Rika yang kunanti tetapi dari Anggi teman dari Rika. Anggi mengabarkan padaku bahwa kemarin malam Rika kecelakaan dan beratnya lagi ia tak akan pernah lagi menemaniku seperti malam kemarin. Ya, ia telah tiada. Sontak saja aku menjerit keras dan memukulkan tanganku ke apapun yang ada disekitarku. “Rika!!!!!!!!!!!!! Ngga mungkin secepat ini kamu ninggalin aku!! Kamu boong kan Nggi!! Kamu bercanda kan!! Aku masih pengen ketemu kamu Rik!! Jangan pergi!!!!!!” Ku coba untuk mengkonfirmasi ke salah satu teman Rika, dan ternyata benar. Kejadian malam kemarin adalah nyata, tak ada bercanda, tak ada pembohongan, dan itu memang benar.
Sejak aku menerima sms itu, aku depresi berat. “Rika, Cinta, hahahahahahaha emangnya siapa Rika?? Emangnya aku kenal Rika?? Aku ngga kenal Rika! Hahahahahahahahahahahaha” saking beratnya orang tuaku tak tahu lagi harus berbuat apa. Mereka hanya memotivasiku namun aku hanya terdiam memikirkan Rika. Beberapa jam berlalu sia-sia hanya kugunakan menangisi seseorang yang tlah pergi. “Mmh. . . . Harusnya aku tak perlu menangisi semua ini, bodohnya aku!!! Aku pun belum mengantar jenazahnya ke peristirahatan terakhirnya. Betapa bodohnya aku!!” “ Sudahlah Yud,, kau harus kuat, sekarang yang harusnya kau lakukan adalah mendatangi makam Rika dan berdoa untuknya agar ia bahagia di alam sana.” Dika berusaha menenangkanku . “Tapi Dik, baru malam kemarin aku bertemu dia, aku bersamanya, namun kini aku harus rela kehilangan dia.” “tapi mau bagaimana lagi, Yud?! Semua telah ditulis seperti ini oleh Allah, kau tak bisa mengubahnya!!! Hapus air matamu dan kita pergi ke makam Rika!” 
Aku berusaha untuk tenang dan merelakan semua ini terjadi. Kulepas pakaianku dan kuganti dengan yang baru. Mulailah aku melangkah dengan dika menuju makam Rika. Kutabur bunga mawar diatas tanah kuburannya. “Kenapa Rik? Kenapa kamu begitu cepat meninggalkanku?? Aku masih sayang kamu! Aku masih cinta kamu! Aku pengen kamu ada disampingku Rik!!” tetesan air mataku membasahi bunga-bunga yang kutabur tadi. “Sabar Yud.. Mungkin ini jalan terbaik yang diberikan oleh ALLAH kepadamu, ALLAH akan mengganti Rika dengan yang lebih baik.” Dengan sabar Dika memberikan motivasi kepadaku. “Iya Dik, tapi untuk saat ini aku ga pengen punya pacar dulu. Aku trauma. Mungkin sampai aku benar-benar harus menikah barulah aku mencari pengganti Rika.” “Iya Yud,, bagus kalau kamu berfikir seperti itu. Mari kita pulang.” “baiklah.”
Setiap sujudku pada tuhanku aku mendoakan Rika agar ia bisa diampuni dosanya, agar ia bahagia disana, dan apapun tentang Rika masih kusimpan erat. Mulai dari nomer HP hingga fotonya. Itulah kenangan yang telah ia beri padaku.

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???