Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Thursday, November 7, 2013

Aku Iri Padamu!

Ponselku berdering saat aku akan meninggalkan kamar. Aku mengabaikan panggilan itu dan buru-buru untuk mandi. Hari ini aku ada kuliah pengganti karena minggu lalu dosen geologi ada pertemuan dengan geolog lain di Brazil. 
Nada nokia tune masih terdengar saat aku selesai mandi. Kulirik jam beker yang bertengger di atas meja belajarku. 6.15 menit, aku masih punya waktu 45 menit sebelum jam 7 pagi. Aku berpikir sejenak setelah mengganti pakaianku dengan kemeja dan celana jins panjang. Aku melihat siapa yang telah menelepon, kulihat daftar panggil enam kali Siwi menelepon dan semuanya aku abaikan. Aku sengaja melakukan itu, mengabaikan telepon dari sahabatku sejak kelas 2 SMA itu. Baru kurang lebih dua tahun aku berteman dengannya, tapi aku sudah bosan.
***
Aku Dinju, mahasiswa fakultas Biologi perguruan tinggi negeri ternama di Yogyakarta. Meskipun begitu, aku tidak bangga sama sekali dengan predikatku itu. Bukannya aku sombong, tapi memang benar aku merasa bodoh diantara teman-teman lain. Mungkin karena aku hanya kebetulan saja bisa menjadi mahasiswa di universitas itu.
Aku berasal dari SMA di pinggiran desa dengan murid-murid yang kebanyakan dari daerah terpencil. Aku bukannya menghina, tapi memang begitu kenyataannya. Orang-orang menganggap aku dan dua belas orang temanku yang bisa masuk perguruan tinggi ternama itu adalah orang paling beruntung. Karena kami masuk melalui jalur undangan. Sebenarnya kami merasa terasingkan dengan universitas tempat kita meneruskan mencari ilmu. Dari SMA yang sama sekali tidak terbayangkan, kami bisa masuk ke universitas incaran hampir semua orang di negara kami, Indonesia.
Aku bersyukur, tidak merepotkan banyak orang, terutama orang tuaku untuk mencarikan aku perguruan tinggi dan uang lagi untuk mendaftar di lain universitas jika aku kemarin tidak diterima jalur itu. Ya, sekalipun aku tidak bangga sama sekali, tapi aku bisa meringankan beban pikiran dan tenaga orang tuaku. Mereka bangga, setidaknya aku bisa menunjukkan bahwa aku bisa menyenangkan hati mereka.
Saat ini aku masih semester satu, begitu juga teman-teman satu angkatan yang bisa meneruskan kuliah tahun ini. Sekalipun mereka merasa tidak seberuntung aku karena tidak lolos jalur undangan, tapi mereka mencoba melalui jalur yang lain dan di universitas lain juga. Termasuk Siwi dan Moslem, mereka berdua adalah teman satu kelasku saat kelas dua dan tiga SMA. 
Siwi mulanya mendaftar jalur undangan di universitas yang sama denganku, tapi aku lebih beruntung. Sekarang dia di universitas swasta ternama di Yogyakarta. Meskipun begitu aku dan dia masih sering bersama. Ke perpustakaan kota, menbeli buku untuk kuliah, makan, bahkan aku sering mengajak dia ikut aku kuliah. 
Kita bersahabat karena awalnya kita sama, sama-sama suka ketawa, sama-sama usil, sama-sama kecil, bahkan kita sama-sama bersaing satu sama lain. Itu yang menyebabkan kita sampai tahun ketiga ini bisa tetap dekat satu sama lain. Kita juga masih sering menginap di rumah satu sama lain. 
***
Akhir-akhir ini aku merasa bosan dengan tingkah laku Siwi. Aku mulanya biasa saja, mungkin dia sibuk. Aku berpikir aku mulai dilupakan olehnya, karena aku tahu dia tinggal di kost dengan teman-teman barunya. Tapi aku coba untuk menyingkirkan pikiran itu. Aku bisa terima, mungkin dia perlu penyesuaian, dia sudah punya teman banyak jadi tidak kesepian, tidak seperti dulu waktu SMA, dia di kost yang hanya dengan seorang teman dari jurusan lain. 
Sebelum itu kita saling kirim SMS entah itu penting atau tidak. Namun, seperti yang telah aku ceritakan dia mulai jarang mengirim SMS padaku, dia juga sudah jarang untuk membalas SMS ku. Hingga pagi itu, dia menelepon aku hingga enam kali berturut-turut dan kuabaikan semuanya.
***
Aku tidak marah kepadanya, sama sekali. Aku hanya bosan dengannya. Hanya bosan! Itu saja. Dia hanya membagi kepadaku apa yang tidak disukainya, jarang dan bahkan tidak pernah dia membagi kesenangannya padaku. Aku juga menyadari aku tidak pernah membagi apapun kepadanya, kesenanganku pun tidak, apalagi kebencianku. Aku hanya membagi lelucon dan cerita konyol untuk menghiburnya seusai dia menceritakan kebenciannya itu. Entah pada apa dan mengapa, tetapi yang paling sering adalah menceritakan tentang Moslem, temanku dan temannya. 
Siwi menyukai Moslem sejak kami menjadi teman satu kelas 2 SMA. Sampai saat ini Siwi tidak mau mengungkapkan perasaannya itu kepada Moslem. Jelas aku geregetan tiap Siwi cerita keadaan Moslem yang menurutku biasa saja. Aku akui, Moslem memang lebih ganteng dari siapaun laki-laki yang pernah aku temui, termasuk pacaraku sendiri, Umar. Okelah banyak orang yang suka Moslem, tapi menurutku Siwi orang paling beruntung. Siwi bisa dekat dengan Moslem, tidak hanya itu, dengan saudara-saudara Moslem lain pun Siwi dekat, bahkan dengan ibu Moslem. 
Aku merasa kalah sama Siwi yang mudah bergaul dan dekat sama semua orang. Termasuk ibu orang yang disukainya, meskipun belum tentu Moslem suka Siwi. Tidak seperti aku, meskipun aku punya pacar, tapi aku sama adik pacarku saja, aku jarang ngobrol, apa lagi dekat. Jangankan dekat dengan ibunya, datang ke rumah Umar pun sampai aku sudah 3 tahun pacaran dengannya, baru hitungan jari saja. Tidak seperti Siwi yang rumahnya Gunung Kidul, dia rela datang ke rumah Moslem di Kotagede karena entah karena alasan yang jelas atau tidak sama sekali. Rumahku dan rumah Umar yang hanya berjarak enam kilometer saja, aku sama sekali tidak mau datang kalau tidak terpaksa.
***
Seusai kuliah pengganti itu, aku putuskan untuk menghubungi Siwi. Aku kirimkan SMS untuknya.
Dinju : kmu dmn?
Siwi : d kost. Np g angkt tlpnku td pagi?
Dinju : aku bru2, k kmpus
Siwi : tumben, biasnya kan g ada jam klu jumat
Dinju : kuliah pengganti, bro.
Siwi : oh, aku pkir modus
Dinju : sialan lo! Np td tlpn aku?
Siwi : aku mau crita nih, -_-
Dinju : ok, aku k kost mu deh
Siwi : hti2 d jln dinju
Pikiranku dipenuhi dengan prasangka buruk. Lagi-lagi Siwi hanya menghubungi aku saat dia butuh untuk bergalau ria. Huh! Biarlah, aku menyadari mencari teman itu susah, dari pada aku kehilangan teman, lebih baik aku datang ke kost Siwi.
Sampai di kost Siwi aku langsung naik ke kamarnya, aku sudah biasa datang ke sana. Ku cari dia di kamanya tidak ada, pasti di balkon pikirku. Aku tahu dia suka menyendiri menunggu aku untuk bercerita. Aku pun sudah menduga apa yang akan diceritakannya.
Benar, Siwi ada di balkon dengan android kesayangannya. Ku kagetkan dia, ternyata dia sedang menangis. Aku lebih kaget lagi saat mengetahui aku melihat foto Moslem dengan wanita entah siapa dari Hp Siwi. Dan ternyata benar dia hanya akan bercerita seputar lelaki pujaannya itu.
Panjang lebar Siwi bercerita tentang “penderitaan”nya karena mengetahui semua permasalahan yang ada di hidup Moslem. Sebenarnya aku muak, sudah ratusan kali bahkan ribuan kali dia bercerita seperti kaset rusak mengulangi ucapan itu dan itu lagi. 
“Kamu enak Dinju.” Di sela-sela tangisnya dia berkata.
“Apa maksudmu?” Aku bertanya.
“Ya, kamu punya segalanya.” Dia berkata.
“Why?” aku bertanya lagi.
“Kamu punya pacar, orang yang sangat cinta padamu, ada untukmu. Seperti tidak ada masalah dalam hidupmu. Kamu pintar, cantik, semua orang kenal dan suka kamu. Kamu beruntung. Aku iri padamu, kamu bisa dapetin yang kamu mau.” Siwi berbicara dengan satu tarikan nafas dengan mata yang masih mengalirkan air mata.
“Ah, itu perasaanmu saja.” Aku menyangkal.
“Nggak Nju, kamu bisa kuliah di UGM, sedangkan aku hanya di UAD. Kamu daftar seleksi, sekali dan langsung lolos jalur undangan dengan jurusan yang kamu mau, kamu suka, kamu impikan. Berbeda dengan aku, aku sudah menghabiskan jutaan uang orang tuaku, mendaftar berkali-kali dan di manapun hanya di UAD aku diterima dan itu pun dipaksa orang tuaku mengambil jurusan yang sama sekali aku nggak mimpiin.” Kembali dia menangis.
Kami pun terdiam, hanya suara hembusan angin dan deru kendaraan bermotor yang terdengar. Dia kembali bercerita tentang kehidupan Moslem yang penuh dengan masalah. Moslem harus bekerja paruh waktu untuk membantu perekonomian keluarganya yang sempat pasang surut akibat kasus penipuan yang dilakukakan kakak kandungnya kepada rental mobil yang dibuka ayahnya. Aku tak mendengarkan itu semua, aku sudah hafal betul dengan alur itu. Belum lagi foto yang diunggah Moslem di akun fecebooknya dengan wanita lain yang membuat Siwi semakin merana karena cemburu.
Tanpa sadar, air mataku ikut mengalir. Dan hatiku pun berkata : Tau kah kau, sahabatku? Aku lebih iri padamu. Kamu punya keluarga yang utuh, dengan orang tua yang mendukung dan menyayangimu. Memberikanmu perhatian dan semuanya. Sekalipun kau tidak meminta itu pada mereka. Kau lebih beruntung berlipat kali dari pada aku. Aku harus bekerja keras untuk membeli sepotong baju, tidak seperti kau, ayah dan ibumu memberikan semua apa yang kamu minta. Aku harus rajin membantu mereka jika awal semester untuk membayar biaya kuliahku. Kamu bisa tidur nyenyak di rumahmu sendiri sekalipun di luar badai datang. Tidak untuk aku, aku hampir tiap malam tidak bisa memejamkan mata. Aku akan terlelap tidur setelah aku mendengarkan orang tuaku yang beradu mulut dari dalam kamar, sekalipun di langit terlihat bulan dan bintang menari. Aku hanya bisa mengistirahatkan otakku yang memikirkan keluargaku yang seperti itu setelah aku tanpa sadar kelelahan menangis dan bangun dari tidur dengan mata sembab sekalipun mentari telah menyapa dan burung pun bernyanyi. Aku akan terbanngun saat ibuku dan ayahku meneriakiku untuk segera bangun dan bekerja. Tidak seperti kau yang terbangun karena kau ingin membalas bisikan cinta ayah dan ibumu. Jujur, aku lebih iri padamu, sahabatku..
“Maaf Siw, hari ini aku tak mampu membagi cerita konyol dan lelucon untuk menghiburmu, karena seharusnya aku lebih bisa menghibur diriku sendiri.” kataku dalam hati.

(Adinda Noor Malita)

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???