Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Wednesday, May 25, 2016

Cukup Empat Puluh Lima Menit, Bebas Pustaka

Hai hai halo hai...
Lama tak jumpa ya?

Kali ini saya ingin menyapa reader (khususnya mahasiswa tahun akhir yang bersarang di Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dengan beberapa informasi bermanfaat.

Setelah beberapa waktu lalu saya mengunggah Tata Cara basi UPLOAD FILE KE DIGILIB ITS di link >> posting basi, yang ternyata terhitung sejak tanggal 25 Mei 2016 tidak berlaku lagi (karena adanya perubahan mekanisme pengunggahan file Tugas Akhir oleh pihak Perpustakaan ITS) dan harus bermigrasi dari http://digilib.its.ac.id/ ke http://repository.its.ac.id.
Kali ini sebagai ungkapan permintaan maaf saya karena posting basi tersebut, saya bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi valid tentang pengunggahan file Tugas Akhir ke REPOSITORY ITS.
Untuk mengetahui secara gamblang tata cara untuk pengunggahannya secara mandiri beserta bagian-bagian apa saja yang harus diunggah ke web REPOSITORY ITS, silakan download file berikut:
1. MENYIAPKAN FILE PDF TUGAS AKHIR PRA-UPLOAD
2. TATA CARA PEMBERIAN WATERMARK BESERTA FILE WATERMARK
3. TATA CARA PENGUNGGAHAN FILE PDF KE WEB REPOSITORY ITS

Dan selanjutnya, saya akan memberikan gambaran tentang bagaimana mendapatkan Surat Keterangan Bebas Pustaka di Perpustakaan Pusat ITS yang katanya ribet, rempong, riweuh, dan macem-macem lagi kata sebagian besar mahasiswa ITS yang sudah pernah merasakannya.
Ternyata hal tersebut sangat TIDAK BENAR.

Karena menurut pengalaman saya hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 45 menit untuk mengurusnya sampai keluar stempel akhir. Waktu tersebut sekaligus estimasi waktu pengunggahan, naik tangga/lift, dan juga berkomunikasi dengan petugas perpustakaan.
Tentunya dengan beberapa kondisi:
1. Anda sudah pernah mendaftar sebagai anggota Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebelumnya, yang bisa diurus di lantai 4 (tepatnya di Ikoma Corner).
2. Anda telah menyelesaikan persiapan pengunggahan file PDF ke web Repository ITS, seperti yang sudah saya terangkan di atas (download file-filenya, pelajari, lakukan perlahan, jangan gugup, dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu agar diberi kelancaran oleh-Nya).
3. Anda tidak memiliki tanggung jawab yang terlupa terhadap buku pelajaran dan referensi, baik menghilangkannya ataupun lupa mengembalikan, sehingga berujung pada pembayaran denda. Karena ini juga yang akan mengulur waktu anda dalam mengurus Surat Keterangan Bebas Pustaka.


Gambar 1. Estimasi waktu dalam mengurus Surat Keterangan Bebas Pustaka

Langkah-langkah tersebut antara lain adalah:
1. Membawa buku Tugas Akhir yang telah dijilid rapi beserta CD (berjaga-jaga jika diminta oleh petugas).
2. Titipkan tas anda di loker, di sini ada mekanisme baru lho dalam penitipan barang di loker, ingin tahu? Coba saja berkunjung ke Perpustakaan ITS!!!
3. Bawa buku+CD (bawa alat tulis juga) ke RUANG PENGADAAN dan isi data diri beserta judul Tugas Akhir anda.
4. Di RUANG PENGADAAN anda akan dipersilakan mengisi data tertentu dan mendapatkan akun untuk masuk ke dalam web REPOSITORY ITS.
5. Setelah anda mendapatkan akun, silakan log in ke web REPOSITORY ITS untuk mengunggah file PDF anda secara mandiri (ini bisa dilakukan langsung di lantai 1 Perpustakaan ITS. Tenang saja! Internetnya kencang kok)
6. Dari RUANG PENGADAAN anda juga mendapatkan kertas verifikasi yang harus ditandatangani oleh masing-masing petugas di ruangan-ruangan di tiap lantai (perhatikan Gambar 1)
7. Setelah anda menyelesaikan pengunggahan file PDF, silakan menuju ke RUANG KOMPUTER untuk verifikasi file PDF yang telah anda unggah (perhatikan prosedur pembuatan watermark yang anda yang telah saya berikan filenya di atas, karena watermark yang akan dicek berulang-ulang oleh petugas RUANG KOMPUTER, selain kondisi file yang corrupt, error, dll)
8. Lalu lanjutkan perjalanan anda ke lantai 3 perpustakaan menuju RUANG MAJALAH dan RUANG REFERENSI, di sana anda akan bertemu petugas yang cukup ramah dan akan segera memberikan tanda tangan setelah anda menunjukkan KTM.
9. Setelah itu langkahkan kaki anda menuju lantai 4 perpustakaan ke RUANG Ikoma Corner dan satu ruang lagi yang di sana anda akan menemui petugas yang cukup pendiam dan membuat anda canggung. Tapi itu tak jadi masalah, lakukan saja obrolan ringan dengan mereka untuk sekedar mencairkan suasana. Di ruang Ikoma Corner inilah Kartu Anggota Perpustakaan ITS yang pernah anda buat, ditarik kembali oleh petugas.
10. Setelah tanda tangan didapatkan dari lantai 4, pergilah ke lantai 5 menuju RUANG SIRKULASI. Di sini anda akan mendapatkan tanda tangan dan juga stempel di dua orang yang berbeda. Di sini juga anda harus mengisi beberapa data diri sebagai "Calon Wisudawan" di buku tebal sebesar folio bergaris.
11. Akhirnya Surat Keterangan Bebas Pustaka pun anda dapatkan, dan anda harus menyimpannya untuk keperluan yudisium dan wisuda.
12. Anda dipersilakan untuk turun menggunakan lift atau tangga, tapi saran saya jika lift ramai jangan buang waktu anda untuk menunggu, segera turun melalui tangga, itung-itung anda olahraga. Karena saya yakin akibat pengerjaan Tugas Akhir anda sering mengalami hidup yang tidak teratur, makan tak teratur, dan bahkan absen berolah raga selama berbulan-bulan.

Terakhir dari saya, selamat mengerjakan tugas akhir!!!
Semoga sukses :)

#KotakAjaib
Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha
Mahasiswa jurusan Teknik Material dan Metalurgi FTI-ITS angkatan 2012

1 comment:

  1. ini kapan ya za? soalnya aku tadi uploadnya tetep di digilib dan ga pake watermark

    ReplyDelete

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???