Description

"Who you are, depends on what do you think about GOD and yourself."

#KotakAjaib
Copy-Paste boleh, asal cerdas! Jangan lupa cantumkan sumbernya ya...
http://tanpa-inspirasi.blogspot.com/

Friday, June 17, 2016

REFORMASI: Sebuah Nama Sejuta Kenangan

PROLOG
April sudah dua bulan yang lalu berlalu, fakultas ke lima pun sudah selesai dilahirkan, hanya mungkin ada satu generasi lagi yang belum lahir.

Aku selalu suka dengan sesuatu yang baik dulu di awal,

Tim Pemandu Reformasi ITS
Hehe, itu kami, Tim Pemandu Reformasi yang sempat aku mention di sini.  Kami lahir pada tahun 2015 lalu, di bawah legalitas tanda tangan Presiden BEM ITS periode 2014/2015, Imran Ibnu Fajri. Terdiri dari 12 orang pemandu, dan juga 12 orang fasilitator yang pernah memperkenalkan diri melalui fanspage ini,

Kelahiran Pemandu Reformasi beserta nilai yang dibawa
Masih ingat siapa saja mereka (12 Pemandu Reformasi)?
Mungkin aku hanya akan sedikit mereview beberapa deskripsi singkatku tentang 11 pemandu lain selain aku, yang pernah aku tulis juga di answer akun ask.fm milikku.

Aku awali dari Suto Guswanda:
Suto itu first impressionnya songong, hahaha. But, after we met in 5 days sleep together in Zoom's room, aku baru paham ttg dia. Dia itu serius orangnya, mengayomi banget sama bawahannya, sama temen2nya, sedikit baper kalo pas hatinya ga enak, tapi kalo pas biasa aja sih dia luar biasa baik. Jeleknya satu, suka lupa sama tidur n ga sayang diri sendiri.
Fandi Adi Nugraha:
Dia ketemu perdana di PPLKMM VIII FTI, anaknya songong sejak dulu, wkwkwk. Tapi meski songong dia konsisten sama apa yang dia omongin dan apa yang dia lakuin. Orangnya suka konflik, tapi bukan sebagai hal buruk, tapi sebagai agitator atmosfer dalam tim. Tapi diem-diem hatinya lembut juga lho.
Irwansyah Muhammad:
Also known as Tambun, dia salah satu orang yang bisa dibilang tumbuh dari rahim yang selaras sama aku, kominfoers, dulunya waktu staf dia di kominfo BEM ITS, terus jadi kahima HMPL, dan sekarang Menteri Kominfo kabinet Berani BEM ITS. Orangnya tipikal tegas tapi yes man, setia sama ceweknya, dan yang paling asik adalah dia kocak.
Tiara Irsyad Maulyna:
Mak "FUGU" Tir, ini adalah tipikal orang serius yang terkadang baper, dengan level garing tingkat advance. Tapi luar biasanya adalah cewek satu ini selalu mampu mengendalikan forum dengan tingkat kefokusan yang tinggi. Suka nyatet apapun yg ada di rapat, meski terkadang bapernya tingkat dewa, tapi sisi keibuannya luar biasa mengayomi.
Pitsyah Alifiyanti:
Suka banget dipanggil Pizza dan suka banget manggil orang dengan "beb". Ketemu perdana di PPLKMM VIII FTI, tipikal cewek yang manja secara lisan, tapi sebenernya dia strong. Gimana engga strong, garap TA semalem suntuk aja dijabanin. Tapi sedikit kurang bisa bagi waktu sama kegiatan selain akademiknya. Tapi pas dia fokus sama satu hal, orangnya suka perhatian banget sama hal-hal kecil dan detail.
Ihsan Aulia Pamayo:
Ini entah marga atau nama biasa, Pamayo, ini orang first impressionnya diem banget, cool gitu, dan paling ganteng diantara 8 cowok Reformasi. Bayangin aja, pas jadi fasil Berarti dulu awardingnya tergood looking di 5 fakultas :o
Pikirannya suka saklek nih anak, harus yg efektif dan efisien, ga suka sama hal yang bertele-tele. Kisah cintanya beragam, efek kegantengan kali ya.
Vidya Trisandini Azzizi:
Ipid si Paoz, sesama sembilan Maret sama aku, hahaha. Entah kebetulan atau apa, emang kalo namanya tim yg cocok ya ada kesamaan-kesamaan gitu kali ya. Cewek '95 ini agak baperan, suka diingetin sama Mak n Midun tentang "madrasah"nya. Dia rajin, suka kasih masukan yang bagus-bagus untuk pertimbangan aspirasi tim. Fokus sama kepemanduan atas dasar passion.
Ayub Samuel Yosepha:
Samuel, dia ketemu sama aku perdana entah kapan aku lupa, yang pasti pas udah masuk se-tim Reformasi aku ngerasa udah ngenal banget sama dia. Pernah disangkan Ho-Sif sama Suto pas game kebanggaan kami, ToT. Passion sama kepemanduan melebihi passion akademiknya, konsisten sama aturan sampe kadang lupa sama toleransi, tapi itu sisi positif biar fokus n ga mudah terdistorsi.
Romy Satyanto Wira Nugraha:
Anak ini juga salah satu orag yang mirp kepribadiannya sama aku. Dia seniman pol polan, dulu aku sempet kaya gini, absurd parah dan ga suka sama limit yang terlalu strict. Pemikiran Romy selalu out of the box, dan justru ini yang jadi powernya. Dia suka banget gambar, jelas representatif anak Despro banget. Konon katanya dia yang bikin logo kabinet Berani BEM ITS 2015/2016, dan dia juga yang bikin logo Reformasi kami yang penuh warna dan sesua dengan filosofi yang kami rumuskan bersama. Lahir dari darah orang tua alumni ITS-Unair, dia jadi anak Barat yang punya jiwa Sby, sampai TAnya pun tentang Sby Heritage :)
Hamida Kurniawati:
Anak kalem '95 ini pertama kali ketemu aku di OC Gerigi ITS, dia OC komunal, aku OC kelompok bareng Pristhi. Adek Hamida ini kalem orangnya, katanya sih dulu maba termasuk anak yang pendiem dan jarang berpendapat. Tapi pas udah jadi elemen di himpunannya dia jadi melesat luar biasa, di Pemandu proxi juga aktif katanya, pernah patah hati sama seseorang yang jadi cinta pertamanya, dan sekarang bikin dia jadi waspada sama lelaki yang mendekatinya. Bahasanya Gresik seru banget, lucu gitu ngomongnya, dan dia termasuk satu cewek yg bisa nutupin bapernya diantara kami.
Lericka Mei Permadi:
The last boy whom I want to describe here is from Bojonegoro, the same city where I was born. Anak ini salah satu yang jadi buronan semasa aku jadi BPH di FORBBITS, dicari2 keberadaannya sampe akhirnya muncul di banner caka HIMABITS meski akhirnya gagal. Sempat berharap dipertemukan sama anak yang first impressionnya berperangai serius ini saat di FORBBITS, but I can't. Malah dipertemukannya di keluarga LKMM TM ITS, dan sekarang jadi partner sekomisi di Reformasi. Punya hobby nyanyi dan becanda kalo semua pas lagi sumpek, kadang garangnya juga keluar kalo pas dia sumpek dan kami nggak kelar-kelar bahas sesuatu yang harusnya cepet kelar tapi justru jadi debat kusir (serius ini pernah). Cerita andalan dan favorit kami sampe sekarang adalah saat "praktikum"nya yang... (ah sudahlah).

Source:

Lalu fasilitatornya?
Tenang, meski belum sempat aku tulis di answer akun ask.fm, aku akan sedikit memberikan deskripsi singkat mereka di sini.

Mereka terlahir dan memilih nama FARMASI (aka Fasilitator Reformasi), proses kelahiran mereka sungguh memeras otak. Penuh debat, adu argumentasi, pertimbangan matang, pemikiran keras, dan bahkan air mata. Mungkin lab KOI (di gedung Teknik Industri lama) menjadi saksi bisu bagaimana mereka dilahirkan.

Dari kiri, berdiri: Zizi, Shailla, Dian, Zeniar, Lusi, Tiara 'njel', Novi 'kokom'
dua di tengah: Fandi 'tompel', Rizal; tiga di depan: Sukron, Egar, Alief
Tujuh dara cantik dan lima pemuda tampan, mozaik ke-13 dari Tim Pemandu Reformasi, mereka 12 orang, merupakan satu kesatuan utuh yang tak bisa terpisahkan di tim ini.

Zizi: adalah sosok kalem, childish, tapi sangat paham akan tugasnya. Sering menjadi pengingat di kala ada kelalaian dalam tim (terutama tentang sholat).
Shailla: si cantik yang satu ini di awalkelihatan pendiam, akan tetapi setelah ngobrol banyak pastilah paham ternyata "dirimu tak selugu perawakanmu, nak" hahaha. Ini orang yang kasih botol ucapan perpisahan ke aku pas di fakultas terakhir, FTSP.
Dian: wanita strong yang pertama ini terkesan cowok banget, tanggung jawabnya keren, punya sisi lain dirinya yang bernama Dion -_-"
Zeniar: cewek childish ke dua di FARMASI, biasa dipanggil 'kenthos' sama Alief, entah kenapa. Si chubby ini ternyata juga pernah kurus lho.
Lusi: cewek ini tomboy, tapi masih memperlihatkan sisi ke-cewek-annya. Sama seperti Shailla, dia memiliki cita-cita lulus 3,5 tahun. Yang salut adalah, di tengah pelatihan dia masih sempat-sempatnya ngajakin aku diskusi bahas materinya William Callister.
Tiara 'njel': maunya sih dipanggil "angel" tapi aku lebih sering manggil dia dengan ejaannya, 'njel'. Sama seperti Shailla dan Lusi, dia juga bercita-cita untuk lulus 3,5 tahun. Sering banget tiba-tiba hilang nih anak, tapi pas muncul totalitas kok.
Novi 'kokom': ini cewek super strong aku bilang, selalu available di tiap fakultas. Pas jadi komisi materi dia rajin banget kalo diajakin koreksi pre test dan post test.
Fandi 'tompel': entah sejak kapan julukan itu disematkan aku kurang paham, dia koordinator FARMASI. Kecintaannya dengan LKMM membuatnya layak masuk list fasilitator Reformasi. Jago editing, dan juga jago wacana yang "no wacana".
Rizal: cowok ini yang interview aku dan Vidya, bangku ijo Tknik Fisika jadi saksi bagaimana kami berinteraksi untuk pertama kalinya saat itu. Sosialita banget, dari mulai di sosmed sampai di dunia nyata, karena bergelut di dunia Sosial Masyarakat.
Sukron: manusia super sibuk KM ITS di angkatannya, apa aja yang nggak diikutin coba? Dari mulai HMJ, Bakor Pemandu, kepanitiaan ITS Expo, dan masih buanyak lagi aktivitas satu anak ini. Proyeksi pribadiku sih dia akan jadi salah satu orang penting KM ITS setelah ini.
Egar: Zuardian, nama depannya keren ya? Orangnya? Ketemu pertama pasti bilang freak karena emang pola pikirnya out of the box banget. Jadi koordinator fasil di Divergent, aku baru bisa kenal dia seperti apa, tulisannya juga kritis dan bagus.
Alief: denger-denger abis ini diproyeksikan jadi menteri entah presBEM ITS. Yah, entah issue atau tidak, yang pasti orang ini punya loyalitas dan dedikasi tinggi di FARMASI. Argumennya masuk akal, logis, dan gagasannya juga cerdas.

Udah segitu aja?
Iya lah segitu aja, karena setelah ini akan ada posting lanjutan tentang generasi bentukan Tim Pemandu Reformasi. Penasaran? Sebenarnya sudah pernah aku posting sih sebelumnya.


Anak pertama pecah telornya Pemandu Reformasi bernama DANADYAKSA, yang punya arti nama Penjaga Kejayaan, mereka terdiri dari 27 mahasiswa benua merah FTI.


Berlanjut ke anak ke-2, memilih nama DIVERGENT, yang melambangkan lima faksi berbeda di lima bidang FMIPA, mereka terdiri atas 23 punggawa benua hijau ini.


Lalu ada lagi ECLIPSE, enam belas orang perwakilan benua silver FTIf, mereka menjiwai analogi Merpati ITS, Garuda Bangsa.


Anak keempat punya nama SENJA, Samudera Emas Negeri Jaya Armatarangga, 20 ombak kebangkitan yang berasal dari benua biru FTK.


The last LASKAR REFORMASI, called LENTERA, meski namanya sedikit mirip dengan forkom tetua Patriot Muda, tapi semangatnya membawa pembaharuan yang berbeda dari sebelumnya. Mereka terdiri atas 27 pion benua hitam FTSP.

Posting tersebut pernah tersemat di fanspage ini juga.

Yang membuatku berkesan adalah 23 orang ini, DIVERGENT. Aku sengaja memberikan space tersendiri untuk mereka. Karena mereka adalah (secara langsung) menjadi anak keduaku di KM ITS, setelah PEMANDU IKHLAS (PPLKMM X FTI-ITS). Aku adalah koordinator Pemandu di LKMM TM IX FMIPA-ITS, yang secara sepakat dipanggil "abah" oleh mereka. Entah mengapa mereka memilih panggilan itu untukku. Selama pelatihan, baru kali ini aku merasakan beratnya mengurus "sekumpulan anak-anak" yang mayoritas cewek dan baperan. Tetapi berat dan susah bukan berarti tak bisa kan? Justru mereka adalah tool yang berguna untukku dalam memberikan pengalaman baru dalam menghadapi sekelompok orang.
Bagus, Bayu, Ilham 'prop', Silvia, Mutia, Widi, Ridza, Zumar, Azki, Ilmi, Fuad, Rizky 'Barok', Faizin, Maria 'mere', Riskha, Diah, Endah, Silvi 'cil', Vida, Fathina 'opik'Regita, Anggita, dan Ilham (sebagai ketua forkom). Dua puluh tiga mahasiswa angkatan 2014 inilah yang menjadi "anak-anak"ku yang bernama DIVERGENT. Saat ini (sampai tulisan ini selesai) sudah banyak dari mereka yang memegang jabatan fungsional di HMJ masing-masing, BEM Fakultasnya, BEM ITS, UKM, dll.

"Lima" mewakili 5 elemen penyusun FMIPA yang ada di DIVERGENT
Kado ulang tahunku yang ke-22 dari DIVERGENT
Lima fakultas telah terlalui, banyak cerita dan kesan yang telah tertoreh dalam hati, juga banyak momentum yang membekas di memori otak kita masing-masing. Hanya tinggal kenangan yang ada, lalu apa? Hanya kontribusi selanjutnya yang harus dilakukan pasca pelatihan ini. Selayaknya yang tercantum dalam firman Allah:

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ
Arti: Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (Q.S. Al Insyirah: 7)

Selamat melanjutkan kehidupan untuk seluruh Pemandu Reformasi! Selamat menempuh perkuliahan tahun ke-4 bagi FARMASI, dan selamat berkontribusi untuk setiap amanah yang diemban, Laskar Reformasi...

EPILOG
Kosong, tak ada penutup, karena kontribusi ini terus berlanjut bagaimanapun bentuk dan rupanya.

No comments:

Post a Comment

Budayakan comment di setiap situs yang anda kunjungi...
Untuk memulainya, silakan dibiasakan di dalam blog Pujangga Tanpa Inspirasi!!
Terima kasih, Thank You, Gracias, Merci, Syukron, Matur Suwun...

Wanna support???